7:31:00 PM
DR.H.Nurudin Siraj.MA.MSi
Konsep Dasar Administrasi dan
Manajemen Pendidikan
Istilah administrasi berhubungan dengan
kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang, sehingga tercapai tujuan
yang diinginkan. Sudah menjadi kodrati bagi kehidupan manusia untuk saling
membutuhkan antar satu dengan yang lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Akan tetapi disamping kebutuhan-kebutuhan tersebut terbatas dan sulit
diperoleh, serta tiap individu tidak berdaya untuk memperoleh dan mewujudkan
sendiri, maka terciptalah kerjasama sebagai bagian dari unsur administrasi.
Administrasi pendidikan merupakan bidang
studi keilmuan yang memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Kajian dalam teori
administrasi pendidikan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sondang P. Siagian
(1983), mendefinisikan administrasi pendidikan adalah sebagai keseluruhan
proses kerjasama antara du orang manusia atau lebih yang didasarkan atas
rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Proses tersebut merupakan wilayah kerja administrasi pendidikan terhadap
sumber daya pendidikan yang terdiri atas semua manusia (murid, guru, guru, dan
sebagainya), sumber belajar dan fasilitas pendidikan. Apabila digambarkan, maka
wilayah kerja administrasi pendidikan dapat dijelaskan sebagai berikut:
Perorangan
Garapan
Fungsi
|
SDM
|
SB(K)
|
SFD
|
Perencanaan
|
|||
Pelaksanaan
|
|||
Pengawasan
|
|||
Tindakan
|
Kelembagaan
Gambar 2.1
Wilayah Kerja
Administrasi Pendidikan
Keterangan:
SDM = Sumber Daya Manusia
SB = Sumber Belajar
SFD = Sumber Fasilitas dan Dana
TPP =
Tujuan Pembangunan Pendidikan
Gambar di atas menjelaskan keterkaitan
antara proses pendidikan dalam hal ini administrasi pendidikan (perencanaan,
pelaksanaan, pengawasan dan) tindakan dengan sumber daya, yaitu: sumber daya
manusia (SDM), sumber belajar (SB), dan sumber fasilitas dan dana (SFD) untuk
mencapai tujuan pembangunan pendidikan (TPP) mulai pendekatan metode CIPO (contecs, input, process dan output).
Uraian di atas mengisyaratkan betapa
pentingnya keberadaan administrasi pendidikan dalam menjamin terlaksananya
proses pendidikan secara maksimal. Dalam hal ini, Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan (1989/1990:9), mengklasifikasikan fungsi administrasi pendidikan,
sebagai berikut:
Fungsi
administrasi adalah terdiri dari:
(1)Perencanaan,(2)Pelaksanaan, (3) Pengawasan dan substantif adalah; (a) tenaga
pendidik, (b) siswa, (c) sarana prasarana, (d) kurikulum-pengajaran, (e)
pembiayaan, (f) ketatausahaan, (g) hubungan sekolah dengan masyarakat, dan (h)
lingkungan sekolah.
Dalam pandangan lainnya, Engkoswara (2007: 43), mengklasifikasikan
administrasi pendidikan sebagai berikut: “ditinjau dari tahapannya, terdiri
dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengawasan, sedangkan substantif
administrasi adalah (1) manusia, (2) sumber belajar, dan (3) fasilitas”.
Sedangkan Manajemen pendidikan
menurut Mulyasa (2007) merupakan proses pengembangan kegiatan kerjasama
sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Proses
pengendalian kegiatan kelompok tersebut mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) sebagai suatu proses untuk
menjadikan visi menjadi aksi.
Para ahli mengungkapkan manajemen pendidikan berdasarkan sudut pandang
dan fokus yang berbeda sesuai konsep teoritis yang melandasinya. Knezevich
dalam Mulyasa (2007:8) menyamakan arti manajemen pendidikan dengan administrasi
pendidikan. Ia mengemukakan bahwa manajemen pendidikan memiliki berbagai
kegiatan yang sangat komplek dan saling berhubungan. Manajemen pendidikan juga
merupakan sekumpulan fungsi untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan
pendidikan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan,
penyiapan alokasi sumber daya, stimulus dan koordinasi personil, penciptaan
iklim organisasi yang kondusif, serta penentuan pengembangan fasilitas untuk
memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat di masa depan. Manajemen
pendidikan merupakan rangkaian kegiatan bersama atau keseluruhan proses
pengendalian usaha atas kerjasama kelompok orang dalam mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan secara berencana dan sistematis, yang
diselenggarakan pada suatu lingkungan pendidikan.
Engkoswara (2001:2) mengemukakan bahwa manajemen pendidikan dalam arti
seluas-luasnya adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana manata sumber daya
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana
menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai
tujuan yang disepakati bersama. Lebih lanjut dikemukakan bahwa penataan
mengandung makna mengatur, memimpin, mengelola atau mengadministrasikan sumber
daya yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pembinaan. Sumber
daya terdiri dari sumber daya manusia (peserta didik, pendidik, dan pemakai
jasa pendidikan), sumber belajar dan kurikulum (segala sesuatu yang disediakan
lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan), serta fasilitas ( peralatan, barang,
dan keuangan yang menunjang kemungkinan terjadinya pendidikan).
Tujuan pendidikan yang produktif berupa prestasi yang efektif dan suasana
atau proses yang efisien, sedangkan keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan
yang produktif dapat dilihat dari sudut administrates psikologis, dan ekonomis.
Hal tersebut sejalan dengan ungkapan Razik dan Swanson (1995) bahwa pendidikan
yang produktif memiliki tiga fungsi yaitu : the
administrator’s production function, the psychologis production function and
the economist’s productions.
Sehingga manajemen pendidikan pada hakekatnya menyangkut tujuan
pendidikan, manusia yang melakukan kerjasama, proses sistemik dan sistematik,
serta sumber-sumber yang didayagunakan. Manajemen pendidikan merupakan suatu
cabang ilmu manajemen yang mempelajari penataan sumber daya manusia, kurikulum,
fasilitas, sumber belajar dan dana, serta upaya untuk mencapai tujuan lemabaga
secara dinamis. Proses manajemen pendidkan merujuk pada upaya untuk mencapau
tujuan, yang memerlukan berbagai keterlibatan, suasana pendukung, dan
pendekatan system sesuai dengan karakteristik organisasi yang mempunyai visi,
misi, fungsi, tujuan dan strategi yang diarahkan oleh pemimpin
22 comments
bapa semua isi blognya keren menambah wawasan buat kita para mahasiswa(Mulyani AN III A)
assalamualaikum bapa punten :)
isi materi yg di blog bapa sangat cocok khususnya untuk prodi A N , karena sebelum masuk lebih dalam lagi tentang materi administrasi , harus tau dan memahami konsep dasarnya dulu :)
terima kasih bapa menambah wawasan lagi :)
TIARA C (AN 1 C)
NPM :114090082
FISIP UNSWAGATI
tulisan nya keren abis membantu dan menambah wawasan kita sebagai mahasiswa
(Arif Restu Fribadi AN 1 C)
Assalamu'alaikum wr.wb..
Terimakasih bapak atas pengetahuan untuk ilmu administrasi negara, bagi saya pengetahuan ini sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan sehari2 dan bermanfaat untuk materi perkuliahan kedepannya..
Saya sangat suka dengan artikel ini karena saya mahasiswi baru yang harus membutuhkan wawasan luas tentang prodi saya yaitu Administrasi Negara.. Saya mengambil kesimpulan dari artikel ini bahwa administrasi negara itu sangat erat kaitannya dan bersangkutan dengan manajemen pendidikan. Sebab manajemen pendidikan itu membutuhkan SDM yg berkualitas untuk menunjang tenaga kerja yg produktif dan menempuh hidup yang sukses untuk kedepannya. Serta administrasi negara ini mempunyai fungsi 3 yaitu perencanaan, pengawasaan dan pengelolaan. Sedangkan manajemen pendidikan itu hampir mirip mempunyai fungsi sama dengan administrasi negara. Manajemen pendidikan dan administrasi negara itu sesuatu hal yang berhubungan dengan dua orang untuk mengerjakan sesuatu dan menghasilkan tenaga pendidik atau SDM yang berkualitas kedepannya:) itu kesimpulan yang bisa saya ambil dari artikel ini pak, terimakasih pak untuk artikel ini, karena ini bisa menambah wawasan saya untuk kedepannya:)
Nama : Veronica Iswanti
Kelas : 1 C
Prodi : Administrasi Negara
Npm : 117090072
mantap pak, tulisan pak dekan satu ini memang selalu keren dan mudah di pahami
PUTRI SHABILLA ZAELANY
115090046
4 AN B
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih Bapak untuk postingan mengenai administrasi ini sangat bermanfaat sekali bagi saya pribadi maupun teman-teman lain yang membaca postingan ini
HANIFA RAMADANI
116090002
3 AN A
Assalamualaikum wr. wb
teorinya mudah dipahami, jadi lebih mengerti keterkaitan antara administrasi dengan manajemen pendidikan.
DIANA KURNIASIH
115090070
4 AN B
assalamualaikum wr.wb
makasih pak sudah memberikan banyak ilmu semoga slalu berkarya dan menjadi dosen yang terbaik ;;)
HIKE
115090138
4 AN B
Assalamualaikum wr.wb
Terimakasih bapak untuk materi konsep dasar administrasi dan manajemen pendidikan yg mudah di pahami oleh kita, semoga ilmu nya bermanfaat.
CINDY OCTAVIANI
115090051
4 AN B
Assalamu'alaikum pak..
Terimakasih sudah menjelaskan tentang konsep dasar administrasi dan manajemen pendidikan saya jadi lebih memahaminya.
ELSA FITRIA
115090090
4 AN B
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Terimakasih banyak atas materi yang sudah bapak sampaikan dalam blog ini. Materinya sangat bermanfaat bagi mahasiswa/mahasiswi, terutama bagi saya, karena setelah saya membaca materi ini, saya lebih mengerti tentang keterkaitan antara administrasi dengan manajemen pendidikan, pada hakikatnya administrasi dan mamajemen itu saling berhubungan.
wassalamu'alaikum Wr. Wb.
YANI SANTIKA
115090033
4 AN B
joooss pak dekan materinya mantap
teorinya mudah dipahami, jadi lebih mengerti keterkaitan antara administrasi dengan manajemen pendidikan.
terima kasih bapak dekan fisip.
Dimas saputra
116090008
AN.3 B
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Terimakasih pak dekan tulisannya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Terus berkarya pakk..
R Dewi Kamelina
115090028
4 AN B
assalamualaikum wr.wb
terimakasih pak, materinya sangat bermanfaat, dan dapat menambah wawasan untuk semuanya terutama saya pribadi.
Peri Hamdani
115090054
4 AN B
Terimakasih pak,lanjutkan bapak untuk memberikan ilmu kepada kami melalui artikel-artikel ini, menurut saya artikel ini bermanfaat bngt terutama untuk diri saya pribadi.
Assalamu'alaikum wr wb
Terimakasih pak telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat, semoga bisa menjadi motivasi dan bekal pengalaman untuk lebih baik kedepannya.
Febbryan Nugraha
115090061
4 AN B
Assalamualaikum wr wb
Jazakallahu Khairan pak, konsep dasar administrasi dan manajemen pendidikan sangat bermanfaat sekali dan nambah wawasan khususnya untuk saya pribadi.
Maudy Yuniar Rahmi
118090037
AN 1 C