Jumat, 22 Juli 2011

NUKILAN TEORI DIISIPLIN DIRI DAN kONSEP DIRI

Hasil Belajar
Belajar adalah terminology yang digunakan untuk menggambarkan proses melputi perubahan melalui pengalaman. Proses perubahan tersebut secara relative untuk memperoleh penambahan permanen dalam pemahaman, sikap, pengetahuan, informasi, kemampuan dan keterampilan melalui pengalaman.( Thomas L. Good and Jare E. Bropy, New York: Langman, 1990:124.)
Menurut Gagne, belajar adalah perubahan dalam disposisi manusia atau kemampuan yang berlangsung selama satu masa waktu dan tidak semata-mata disebabkan oleh proses pertumbuhan. ( Robert M. Gagne ,New York: Holt Reinhart and Winston, 1977: h.3.) meliputi perubahan tingkah laku setelah individu mendapatkan berbagai pengalaman dalam situasi belajar yang diberlakukan atasnya. Berdasarkan pada pengalaman-pengalaman tersebut akan menyebabkan proses perubahan pada diri seseorang.
2. Konsep Diri

Menurut Anita E. Woolfolk, konsep diri adalah pandangan perasaan kita tentang diri kita. Persepsi tentang diri ini baik bersifat psikologis, emosional aspirasi dan prestasi yang dicapai. ( Anita E, Woolfolk., Boston: Allin and Bacon, 1993,h .73 )Dalam bahasa yang lain, konsep diri dapat diartikan sebagai pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pujigoyanti, Konsep Diri dalam Pendidikan,( Jakarta : Arcan, 1995:h,2.) Hampir sama dengan pendapat tersebut, Calhoun dan Acocella yang menyatakan konsep diri meliputi pengetahuan, pengharapan, dan penilaian terhadap diri sendiri.Lihat James F. Caltoun and J.R Acocella, Psyshology of Adjustment and Humen Relationship ( New York: MCGraw Hill Inc, 1990), h.57. Setiap macam konsep diri mempunyai aspek fisik dan psikologis. Aspek fisik terdiri dari konsep yang dimiliki individu tentang penampilannya, kesesuaianny dengan selisihnya arti penting tubuhnya dalam hubungan dengan perilakunya dan gengsi yang diberikan tubuhnya dimata orang lain. Aspek psikologis terdiri dari konsep individu tentang kemampuannya dan ketidakmampuannya, hanya terhadap dirinya dan hubungannya dengan orang lain. Selanjutnya Rogers sebagaimana dikutip Burns mengemukakan bahwa konsep diri sebagai sebuah konfigurasi persepsi-persepsi tentang diri yang terorganisasi disusun dari unsure-unsur seperti mengenai karakteristik dan kemampuan seseorang.Liht.R.B Burn, The Self Concept, In Theory, Measuerment, Development, and Behavior (New York: Longman Inc, 1979),h 31. Keterampilan. Untuk konsep diri umum pada dasarnya relative sukar untuk diubah, sedangkan konsep diri mayor dan spesifik pada umumnya dapat diubah.http:/WWW.Katana-Point.com./ais/afig/chapters/chap30/chp3.
Komponen dan Dimensi Konsep Diri
Menurut Hurlock, konsep diri meliputi diri meliputi tiga komponen, yaitu:
Percepinal, concepinal, dan attitudinal component. (Elizabeth B. Hurlock, New Delphi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Ltd, 1978),h.2. Komponen percepinal (konsep diri fisik) merupakan gambaran diri seseorang yang berkaitan dengan tampilan fisiknya, termasuk daya tarik yang dimilikinya bagi orang lain. Adapun komponen conceptual (konsep diri psikhis) merupakan gambaran ciri khas seseorang atas dirinya, kemampuannya, asal usul serta masa depannya. Sedangkan komponen attitudenial adalah perasaan seseorang terhadap dirinya sendiri, sikap terhadap statusnya, kehormatan, rasa harga diri, rasa kebanggaan, rasa malu dan sejenisnya. (Ibid, h,22).
Hakikat Konsep Diri
Konsep diri merupakan faktor yang sangat menentukan dalam komunikasi interpersonal, karena setiap orang bertingkah laku sedapat mungkin sesuai dengan konsep dirinya. ( Jalaludin Rakhmat, Op Cit , h.104) Menurut Calhoun dan Accocella kualitas konsep diri seseorang dibagi berdasarkan tiga dimensi: pengetahuan, evaluasi dan pengharapan seseorang, atas dirinya, mereka mendiskripsikan beberapa karakter seseorang sesuai dengan kualitas konsep dirinya, yan secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut. (Calhoun dan acocella, Op Cit.h.62-63)
Sedangkan menurut D.E Hamachek, yang dikutip oleh Rakhmat ada Sebelas karakteristik orang yang mempunyai konsep diri positif:
(1) ia meyakini betul-betul nilai-nilai dan prinsip-prinsip tertentu serta bersedia mempertahankannya, walaupun menghadapi pendapat kelompok yang kuat.
(2) ia mampu bertindak berdasarkan penilaian yang baik tanpa merasa bersalah atau menyesal tindakannya jika orang lain tidak menyetujuinya.
(3) ia tidak menghabiskan waktu yang tidak perlu untuk mecemaskan sesuatu yang terjadi.
(4) ia memiliki keyakinan pada kemampuannya untuk mengatasi masalah dan mampu menghadapi kegagalan.
(5) ia merasa sama dengan orang lain.
(6) ia sanggup menerima dirinya sebagai orang yang penting dan bernilai bagi orang lain.
(7) ia dapat menerima pujian dan penghargaan tanpa berpura-pura atau merasa bersalah.
(8) ia cenderung menolak usaha orang lain untuk mendominasinya.
(9) ia sanggup mengaku kepada orang lain bahwa ia mampu merasakan dorongan dan keinginan.
(10) ia mampu memiliki dirinya utuh dalam berbagai kegiatan.
(11) ia peka pada kebutuhan orang lain. ( Jalaluddin Rakhmat, Ibid.h.106)

Disiplin Diri
Menurut Hurlock disiplin berasal dari kata “disciple” yang mempunyai makna yaitu seseorang yang belajar secara sukarela mengikuti perilaku seseorang pemimpin, orang tua dan guru. ( Elizabeth B. Hurlock, Terjemahan Meitasari Tjandra Jakarta : Erlangga,1993), h.82.
Empat unsur-unsur disiplin dari: (1) peraturan sebagai pedoman (2) hukuman untuk pelanggaran peraturan; (3) penghargaan untuk perilaku yang baik dan (4) konsistensi dalam pelaksanaan peraturan. ( Elizabet B. Hurlock, h.84).

1 comment

27 November 2012 pukul 20.10

PRIYA BUDI RAHARJO
13110694
MANAJEMEN INFORMATIKA 5
Setelah saya membaca tulisan ini, menurut saya. Setiap orang harus mempunyai konsep diri yang kuat. Karena konsep diri adalah pandangan atau tingkah laku tentang diri kita sendiri. Dengan mempunyai konsep diri tentunya kita akan sangat mudah dalam komunikasi, karena setiap orang bertingkah laku sesuai dengan konsep dirinya. Menurut saya, jika konsep dirinya asal-asalan mungkin dalam bertingkah laku pun akan tidak sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada. Oleh sebab itu sebisa mungkin kita kuat kan konsep diri sejak dini.
Terima kasih.

Posting Komentar
- See more at: Fytoko Corporation

STATISTIK

Pengunjung

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.UySpcPMO.dpuf