Senin, 26 November 2012

PEMAHAMAN MANJEMEN



    Manajemen
Manajemen adalah proses mendesain dan mengelola lingkungan dimana orang-orang, bekerja bersama dan kelompok, secara efisien untuk mencapai tujuan. Definisi ini dapat dikembangkan: 1) sebagai manajer, orang melakukan fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, penstafan, pengarahan, dan pengendalain; 2) manajemen diterapkan pada berbagai macam organisasi; 3) manajemen diterapkan manajer pada berbagai tingkatan organisasi; 4) tujuan manajer sama : menciptakan surplus; 5) mengelola mengutamakan produktivitas : berimplikasi pada efektivitas dan efisiensi.[1]    
Hersey dan Blanchard menyebutkan bahwa manajemen merupakan suatu proses kerja sama dengan dan melalui orang orang dan kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen sesuai Definisi tersebut, diterapkan pada semua bentuk dan jenis organisasi apakah perusahaan,  lembaga pendidikan, rumah sakit, organisasi politik, atau bahkan keluarga. Pencapaian sasaran organisasi melalui kepemimpinan adalah manajemen.[2]
Samuel C. Certo mendefinisikan manajemen dalam bukunya sebagai proses pencarian tujuan organisasi dengan bekerja bersama dan melalui orang-orang dan sumberdaya organisasi lainnya. Certo juga membandingkan beberapa Definisi manajemen sebagai berikut : 1) manajemen adalah proses dimana kelompok yang bekerjasama menentukan tindakan yang lain menuju tujuan bersama (Massie and Douglas); 2) manajemen adalah proses kerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dengan menggunakan sumberdaya yang terbatas secara efisien dalam rangka mengubah lingkungan (Kreitner); 3) Manajemen adalah koordinasi semua sumberdaya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalain dalam rangka memenuhi tujuan (Sisk).[3] 
Sementara menurut Griffin, Manajemen adalah sekumpulan aktivitas (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) yang dilakukan pada sumberdaya organisasi (manusia, keuangan, fisik, dan informasi) dengan maksud mencapai tujuan secara efisien dan efektif.[4]  Efisien diartikan sebagai menggunakan sumberdaya secara bijaksana dan dengan biaya yang efektif. Sementara efektif diartikan sebagai membuat keputusan yang tepat dan dapat mengimplementasikannya.
Proses manajemen adalah proses yang dilakukan oleh manajer dalam organisasi. Proses manajemen atau kemudian disebut juga sebagai fungsi manajemen berkembang pesat dari waktu ke waktu. Fungsi manajemen sangat beragam yang bersumber dari berbagai pakar manajemen diantaranya adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengambilan keputusan (Decision making), memerintah (commanding), penempatan orang (staffing), pengarahan (directing), komunikasi (communicating), memotivasi (motivating), mempengaruhi (influencing), koordinasi (coordinating), memimpin (leading), pengendalain (controlling). Secara skematik keberagaman fungsi manajemen dapat digambarkan sebagai berikut :[5]

Tabel 2.1. Beragam Proses Manajemen
Fungsi
Pencetus

Fayol
Bedeian and Glueck
Certo
Dessler
Griffin
Koontz, O’Donnel and Weihrich
Kreitner
Schermerhorn
Stoner
Planning
X
X
X
X
X
X
X
X
X
Organizing
X
X
X
X
X
X
X
X
X
Decision Making




X

X

X
Commanding
X








Staffing

X

X

X
X


Directing





X



Communicating






X


Motivating






X


Influencing


X






Coordinating
X








Leading

X

X
X

X
X
X
Controlling
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Meski sangat beragam, secara umum proses atau fungsi manajemen dapat dikatakan terdiri dari 1) perencanaan (planning); 2) pengorganisasian (organizing); 3) pengarahan (leading); dan pengawasan (controlling). Penjelasan masing-masing proses adalah sebagai berikut :

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan didefinisikan sebagai penetapan tujuan organisasi dan memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Pengambilan keputusan adalah bagian dari proses perencanaan yang terdiri dari memilih tindakan dari berbagai alternatif.[6]  Perencanaan adalah proses memutuskan tujuan apa yang akan dicapai selama periode mendatang dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.[7] 

Sementara menurut Terry, Perencanaan merupakan pemilihan dan menghubungkan fakta menggunakan asumsi-asumsi tentang masa depan dalam membuat visualisasi dan perumusan kegiatan yang diusulkan dan memang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Rencana biasanya ditinjau kembali secara teratur dan apabila perlu segera dirubah untuk menghadapi situasi yang baru, sebagian besar rencana dapat dibagi ke dalam fase atau tahapan; a. membagi rencana ke dalam serangkaian tindakan yang sederhana, b. mempertahankan pelaksanaan rencana sesuai jadwal, c. mengkoordinir kegiatan-kegiatan yang terpisah ke dalam perencanaan, d. rencana tersebut dapat diterima oleh semua pihak yang berkepentingan. [8]

Perencanaan mempunyai beberapa kegunaan sebagai berikut : 1) perencanaan menjadikan manajer dan organisasi dapat bersikap aktif terhadap masa depan. Tanpa tindakan yang terencana, manajer hanya bisa diam, membiarkan sesuatu terjadi, dan kemudian bereaksi terhadap hal tersebut dalam kondisi krisis; 2) perencanaan memberikan arti pada keterlibatan orang orang dalam semua area organisasi dalam manajemen organisasi; 3) perencanaan juga mempunyai efek positif dalam performa manajerial; 4) perencanaan memberikan latihan mental dalam embangun rencana.[9]   

            Proses perencanaan yang paling utama adalah penetapan tujuan. Tujuan atau sasaran, menurut Robbin dan Coulter, adalah hasil yang diinginkan untuk individu, kelompok dan seluruh organisasi. Sasaran adalah tujuan, dan kita gunakan keduan istilah secara bergantian. Sasaran menjadi arah bagi semua keputusan manajemen dan membentuk kriteria yang digunakan untuk mengukur hasil pencapaian kerja.  Rencana adalah dokumen yang merangkum cara mencapai sasaran dan biasanya menggambarkan alokasi sumberdaya, penyusunan jadwal, dan tindakan lain yang diperlukan untuk mencapai sasaran itu. Ketika pemimpin merencana, mereka membuat sasaran sekaligus rencana. Cara lain untuk menggambarkan sasaran adalah berdasarkan apakah sasaran itu nyata atau ditetapkan. Sasaran yang ditetapkan merupakan pernyataan resmi mengenai apa yang dikatakan oleh organisasi dan apa yang diyakini oleh para pemercaya sebagai sasaran. Sedangkan sasaran nyata adalah sasaran yang sebenarnya dikejar oleh organisasi, seperti yang didefinisikan oleh tindakan para anggotanya.[10]
            Tujuan merepresentasikan kondisi masa depan yang diinginkan dimana individu, kelompok, atau organisasi berusaha untuk mencapainya. Tujuan terdiri dari misi, tujuan, target, kuota, dan batas waktu. Tujuan organisasi mempengaruhi interaksi organisasi dengan sistem lingkungan dan subsistem yang lain. Usaha untuk mencapai tujuan meningkatkan kemampuan organisasi untuk menerima input dari masyarakat luas dan melegitimasi keberadaannya. Tujuan memberikan standar pengukuran keberhasilan. Tujuan membantu menentukan teknologi yang dibutuhkan dan juga menata dasar untuk spesialisasi usaha, pola otoritas, komunikasi dan jaringan keputusan, berbagai hubungan struktural.[11]   
Robbin dan Coulter membagi rencana ke dalam rencana strategis, yaitu rencana yang berlaku bagi organisasi secara keseluruhan, menjadi sasaran umum organisasi tersebut, dan berusaha menetapkan organisasi tersebut ke dalam lingkungannya; dan rencana operasional, yaitu rencana yang memerinci detail cara mencapai sasaran menyeluruh. Rencana juga dibagi dalam rencana jangka panjang, yaitu rencana dengan kerangka waktu lebih dari tiga tahun; serta rencana jangka pendek, yaitu rencana yang mencakup satu tahun atau kurang.[12] Sama dengan hal tersebut, Rue and Byars juga membagi rencana dalam rencana jangka pendek, dalam rentang waktu satu tahun atau kurang; rencana jangka panjang, tiga sampai lima tahun; dan rencana jangka menengah, yaitu rentang diantara jangka pendek dan jangka panjang. Rencana juga dibagi dalam rencana strategis dan rencana operasional.[13]  
Perencanaan strategik didefinisikan sebagai proses menentukan tujuan utama organisasi dan kebijakan serta strategi yang akan mengelola kepemilikan, penggunaan, dan disposisi sumberdaya untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana strategik memberikan organisasi arah dan pertumbuhan jangka panjang dari tiga dasar : pertama, tujuan sosial ekonomi dasar organisasi; kedua, nilai nilai dan filosofi top manajemen; ketiga, kajian kekuatan dan kelemahan organisasi dalam konteks lingkungan internal dan eksternal.[14] Secara skematik dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar 2.1. Dasar Dasar Rencana Strategik
 





             

Perencanaan operasional adalah rencana jangka pendek. Rencana operasional adalah Terjemahan dari rencana strategik dalam bentuk teknis. Sementara rencana menengah berada diantara rencana strategik dan rencana operasional. Hubungan antara rencana strategik, rencana jangka menegah dan rencana operasional dapat dilihat pada gambar berikut [15]:
Gambar 2.2. Hubungan rencana strategik dengan Rencana Operasional
 






2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian didefinisikan sebagai pengelompokkan aktivitas dan sumberdaya ke dalam bentuk yang logis. Pengorganisasian pada prinsipnya adalah proses pembagian tugas dan tanggung jawab dan wewenang sehingga tercipta suatu organisasi yang digerakkan sebagai satu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pengorganisasian merupakan langkah menuju pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Susunan, bentuk serta besar kecilnya organisasi harus disesuaikan dengan tujuan yang ditetapkan. Pengorganisasian, oleh karenanya dapat dibagi dalam Aktivitas pembagian tugas, pembentukan struktur organisasi, pendelegasian wewenang, dan koordinasi.
Pembagian tugas adalah alokasi tugas pada orang atau jabatan dalam organisasi. Faktor-faktor yang penting dalam mengadakan Pembagian tugas  adalah :[16]
1.      Membantu koordinasi.
2.      memperlancar pengawasan
3.      manfaat spesialisasi
4.      menghemat biaya
5.      menekankan pada hubungan antara manusia
Dalam pandangan Robbin, struktur organisasi adalah kerangka kerja formal yang dengan kerangka kerja itu tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan.[17]  Struktur organisasi adalah pola interaksi dalam suatu organisasi dan yang mengkoordinasikan teknologi dengan manusia di dalam organisasi, standar prilaku yang diterapkan oleh kelompok, sistem komunikasi dan imbalan serta mekanisme sanksi kelompok. Senada dengan hal itu rancangan organisasi adalah keseluruhan rangkaian dari elemen struktural dan hubungan di antara elemen-elemen tersebut yang digunakan untuk mengelola organisasi secara total.[18]  Sementara Gibson, struktur organisasi adalah pola formal aktivitas dan hubungan antara subunit organisasi. desain organisasi berkaitan dengan struktur organisasi secara menyeluruh. Proses prilaku memberikan kehidupan struktur organisasi apabila proses ini tidak berfungsi dengan baik maka akan menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.[19] 
Keputusan penting dalam mengembangkan struktur organisasi adalah menentukan sampai seberapa jauh harus diadakan pembagian pekerjaan, dimana para pendukung pembagian kerja akan mendapat dua keuntungan penting antara lain: 1) jika suatu pekerjaan mengandung sedikit tugas, makan akan mudah melatih personalia yang diberhentikan, dipindahkan atau mangkir. Dengan suatu kegiatan pelatihan minimum akan memakan biaya pelatihan yang rendah; 2) apabila suatu pekerjaan hanya membutuhkan tugas yang sedikit jumlahnya, maka karyawan dapat menjadi ahli dalam melaksanakan tugas tersebut, keahlain yang tinggi akan menghasilkan output yang lebih baik.[20]
Proses selanjutnya dalam pengorganisasian adalah pendelegasian wewenang. Menurut Griffin, pendelegasian adalah membangun suatu pola otoritas antara seorang atasan dengan satu orang atau lebih bawahan. Secara khusus, pendelegasian (delegation) adalah proses pelimpahan sebagian kerja total seorang manager kepada orang lain. Alasan pendelegasian adalah untuk membuat pemimpin mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Bawahan membantu menghapus beban kerja dengan melakukan sebagian besar dari pekerjaan organisasi.[21] Pendelegasian wewenang merupakan faktor yang vital di dalam manajemen, karena: a. menetapkan hubungan organisatoris formal di antara anggota-anggota badan usah, b. memberikan kekuasaan pemimpinial, yakni memberi senjata kepada pemimpin untuk mampu bertindak apabila keadaanya memaksa, c. mengembangkan bawahan dengan cara memberi izin kepada mereka untuk mengambil keputusan dan menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dari program-program latihan.[22]
            Yang tak kalah penting dalam pengorganisasian adalah koordinasi. Koordinasi adalah proses menghubungkan aktivitas dari berbagai departemen dalam organisasi. koordinasi dilakukan karena departemen dan kelompok kerja saling bergantung, keduanya bergantung satu sama lain untuk berbagai informasi dan sumberdaya guna melaksanakan aktivitas. Semakin besar ketergantungan departemen makin banyak koordinasi yang diperlukan organisasi agar departemen mampu berkinerja dengan efektif. Tiga bentuk ketergantungan yaitu: 1) ketergantungan terpusat (pooled interdependence)adalah tingkat ketergantungan yang paling rendah. Beroperasi dengan sedikit interaksi-output dari unit tersebut dikumpulkan dalam organisasi; 2) ketergantungan berututan (sequential interdependence), output satu unit menjadi input dari unit lain dengan suatu cara berurutan. 3) Ketergantungan timbal balik (reciprocal interdependence) muncul ketika aktivitas mengalir secara dua arah antar unit. [23]

3). Pengarahkan (leading)
Pengarahan adalah sekumpulan proses yang digunakan agar anggota organisasi dapat bekerja sama untuk kepentingan organisasi. Atau bagaimana pemimpin dapat membimbing dan memberi motivasi agar perencanaan dan tugas masing-masing anggotanya dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan pengorganisasian yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tugas pemimpin adalah menggerakkan orang-orang dalam suatu organisasi untuk bekerja optimal. Proses pengarahan terdiri dari pemberian motivasi, proses mempengaruhi, Hubungan interpersonal, dan membangun kerja tim. 
Motivasi dapat diartikan sebagai mengusahakan supaya seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semangat karena ia ingin melaksanakannya. Beberapa pendekatan motivasi , yakni: a. partnership, b. produktivitas, c. pemuasan kebutuhan. Kondisi-kondisi yang memudahkan motivasi adalah: 1. memperluas tugas, maksudnya supaya isi tugas diperluas dengan memberikan tanggungjawab yang lebih besar, terlihat ruang lingkup dari seluruh tugas tersebut dan tantangan yang sejalan dengan kebutuhan pribadi yang melaksanakan tugas tersebut akan terkena pengaruh-pengaruh dari motivasi. 2. pertukaran tugas, dilakukan untuk mengurangi rasa jenuh dan kehilangan perhatian terhadap tugas, 3. manajemen menurut sasaran, 4. partisipasi, 5. mencapai tujuan, 6. pertumbuhan, 7. pengakuan, 8. tanggung jawab.[24]
Motivasi juga didefinisikan sebagai adalah ketersediaan melakukan usaha tingkat tinggi guna mencapai sasaran organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan usaha tersebut memuaskan kebutuhan sejumlah individu.[25]  Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Motivasi yang ada pada seseorang akan mewujudkan suatu prilaku yang diarahkan pada tujuan mencapai sasaran kepuasan. Motivasi dibagi menjadi dua : motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal dikelompokkan menjadi tiga , yaitu : 1) motivasi fisiologis, merupakan motivasi alamiah seperti lapar, haus dan seks; 2) motivasi psikologis, dikelompokkan dalam tiga katagori dasar yaitu: motivasi kasih sayang (affectinal motivation) yaitu motivasi untuk menciptakan dan memelihara kehangatan, keharmonisan dan kepuasan batiniah (emosional) dalam berhubungan dengan orang lain. Motivasi mempertahankan diri (ego-defensive motivation) yaitu motivasi untuk melindungi kepribadian, menghindari luka fisik dan psikologis, menghindari untuk tidak ditertawakan dan kehilangan muka, mempertahankan prestise dan mendapatkan kebanggaan diri; 3) motivasi memperkuat diri (ego-blestering motivation) yaitu motivasi untuk mengembangkan kepribadian, berprestasi, menaikkan prestasi dan mendapatkan pengakuan orang lain, memuaskan diri dengan penguasaan terhadap orang lain. Sementara motivasi eksternal menjelaskan kekuatan-kekuatan yang ada di dalam individu yang dipengaruhi faktor-faktor intern yang dikendalikan oleh pemimpin, yaitu meliputi suasana kerja, seperti gaji, penghargaan, kenaikan, pangkat dan tanggung jawab.[26]
            Dalam hal proses mempengaruhi,  penjelasan psikolologis terhadap pengaruh seseorang terhadap orang lain berkaitan dengan motif dan persepsi target dalam hubungannya dengan tindakan agen dan konteks di mana interaksi itu terjadi. Proses mempengaruhi ini secara kuantitatif berbeda satu dengan yang lainnya, tetapi lebih dari satu proses dapat terjadi bersamaan. Keberhasilan upaya mempengaruhi tergantung pada tingkatannya. Hasil proses mempengaruhi terdiri dari : 1) komitmen, adalah hasil dimana seorang target secara internal menyetujui keputusan atau permintaan agen dan memberikan dukungan penuh untuk melaksanakan apa yang menjadi permintaan atau mengimplementasikan keputusan secara efektif; 2) kepatuhan, hasil dimana target bersedia melakukan apa yang agen inginkan tetapi lebih didasarkan pada rasa apatis dari pada rasa antusiasme dan hanya memberikan sedikit dukungan; 3) perlawanan, hasil dimana seorang teraget menatang proposal atau permintaan, bukan hanya todak tertarik saja, tapi secara aktif berusaha untuk menghindari untuk tidak menjalankannya. [27]   
Proses mempengaruhi dapat dibagi menjadi : 1) kepatuhan instrumental : seorang target melaksanakan tindakan yang diminati untuk tujuan mendapatkan imbalan yang pasti atau menghindari hukuman yang dikendalikan oleh agen; 2) Internalisasi: Seorang target memiliki komitmen untuk mendukung dan menerapkan proposal yang Diajukan oleh agen terlihat seperti diharapkan secara intrinsik dan sesuai dengan hubungannya dengan nilai, keyakinan dan citra pribadi dari target; 3) Identifikasi persoalan: Seorang target meniru prilaku agen atau mengambil sikap yang sama agar disukai oleh agen dan menjadi seperti agen itu. [28]
Bentuk perilaku mempengaruhi yang paling umum dalam organisasi adalah permintaan yang sederhana yang didasarkan pada kekuasaan yang memiliki legitimasi. Kepatuhan target hanya terhadap permintaan yang sederhana dan jelas legitimasinya, relevan untuk pekerjaan, dan sesuatu dimana seorang target tahu bagaimana cara mengerjakannya. Akan tetapi jika tindakan yang dimintai tidak menyenangkan, menyulitkan, tidak relevan atau sulit untuk dikerjakan, reaksi target akan berupa perlawananan. Beberapa bentuk mempengaruhi proaktif adalah: [29].
  1. persuasi rasional: agen menggunakan argument yang logis dan bukti yang factual dalam menunjukkan proposal atau permintaan itu memungkinkan dan relevan untuk mencapai tujuan tugas
  2. memberi penilaian: agen menjelaskan bagaimana melaksanakan permintaan atau mendukung usulannya yang akan memberikan keuntungan kepada target secara pribadi atau membantu meningkatkan karier target
  3. memberi inspirasi: agen memberikan pertimbangan nilai dan idealisme atau berusaha menimbulkan emosi dari target untuk mendapatkan komitmen terhadap permintaan atau proposal
  4. konsultasi: agen mendorong target untuk menyarankan perbaikan dalam proposal, atau membantu merencanakan aktivitas atau perubahan di mana dukungan dan bantuan dari target itu dibutuhkan
  5. pertukaran: agen menawarkan insentif, menyarankan pertukaran yang baik atau menunjukkan kesetiaanya untuk saling timbal balik nantinya juga target mau melakukan apa yang dimintai oleh agen
  6. kolaborasi: agen menawarkan untuk  memberikan sumber yang relevan dab bantuan jika target mau melaksanakan permintaan atau menerima perubahan yang diusulkan
  7. daya tarik personal: agen meminta kepada target untuk melaksanakan permintaan atau mendukung proposal berdasarkan persahabatan atau meminta kebaikan personal sebelum mengatakan apapun
  8. mengambil hati: agen memberikan pujian dan bujukan sebelum atau selama memberikan pengaruh atau keyakinan terhadap kemampuan target untuk melaksanakan permintaan yang sulit
  9. taktik legitimasi: agen berusaha untuk membangun legitimasi dari permintaan atau memverifikasi wewenang dengan mengacu kepada aturan, kebijakan normal atau dokumen resmi
  10. tekanan: agen memberikan tuntutan, ancaman, sering melakukan pemerikasaan, atau terus-menerus  mengingatkan pengaruhnya terhadap target.
  11. taktik koalisi: agen mencari bantuan orang lain untuk mendesak target untuk melakukan sesuatu atau menggunakan dukungan dari orang lain sebagai alasan agar target menyetujuinya

Hubungan interpersonal mempunyai peranan penting dalam menumbuhkan hubungan pribadi yang baik antara para pegawai di dalam organisasi/perusahaan sebagai lingkungan, pelanggan, internal dan dengan para pelanggan eksternal sehingga pada akhirnya dapat menumbuhkan loyalitas para pelanggan terhadap organisasi/perusahaan. Adapun faktor yang berperan/berpengaruh dalam hubungan interpersonal yaitu:[30]
  1. persepsi / sikap terhadap orang lain
a.       timbulnya persepsi/sikap terhadap orang lain dipengaruhi oleh hal-hal yang ada dalam diri sendiri seperti sifat kepribadian, pengalaman masa lalu, keadaan emosi sementara, dan peran yang dipegang
b.      timbulnya persepsi/sikap terhadap orang lain dipengaruhi oleh hal-hal yang ada pada diri orang lain. Kesan seseorang terhadap orang lainnya banyak ditentukan oleh beberapa ciri dari orang tersebut seperti ciri-ciri fisik, genetalia (jenis kelamin) dan asal bangsa atau suku.
c.       timbulnya persepsi/sikap terhadap orang lain dipengaruhi oleh situasi saat hubungan interpersonal dilakukan.
  1. kemampuan menampilkan diri secara menarik
kemampuan penampilan yang ditempuh bagi seseorang agar menimbulkan kesan menarik bagi orang lain maka perlu: berpenampilan bersih dan rapi, bertutur kata yang baik dan menyenangkan, berbicara tentang kesamaan dirinya dengan orang lain yang sedang dihadapinya, membicarakan kesukaan orang lain yang sedang dihadapinya, membuat orang merasa penting, mengingat nama orang, tidak merasa rendah diri, siap mental untuk menerima kritikan.

Sementara dalam hubungannya dengan membangun kerja tim, Robbin mendefinisikan kelompok sebagai dua atau lebih individu yang berinteraksi dan saling tergantung yang berkumpul bersama untuk mencapai sasaran tertentu. Kelompok informal adalah kelompok yang dibentuk oleh organisasi yang memiliki penugasan kerja terancang dan tugas spesifik. Kelompok informal sifatnya sosial. Terbentuk secara alamiah di tempat kerja sebagai tanggapan terhadap kebutuhan akan hubungan sosial, cenderung berdasar persahabatan dan kepentingan bersama. Tim kerja adalah kelompok formal yang terdiri dari individu-individu yang saling tergantung dan bertanggung jawab atas tercapainya sasaran.  Beberapa ciri tim kerja: 1) tim satu fungsi terdiri atas seorang pemimpin dan bawahan-bawahannya dari satu bidang fungsi tertentu; 2) tim yang dikelola sendiri, yakni kelompok formal para karyawan yang bekerja tanpa pemimpin dan bertanggung jawab atas proses atau bagian kerja lengkap; 3) Tim virtual, tim yang menggunakan teknologi computer untuk menghubungkan secara fisik anggota yang tersebar untuk mencapai sasaran bersama; 4) Tim lintas fungsi merupakan Pengelompokkan hibrida individu yang ahli pada berbagai bidang dan yang bekerjasama pada berbagai tugas.[31]

4). Pengendalain (controlling)
Pengendalain adalah pengukuran dan koreksi kinerja dalam rangka memastikan tujuan organisasi rencana dapat terpenuhi. Perencanan dan pengendalain adalah dua hal yang berhubungan erat. Tanpa tujuan dan rencana, pengendalain tidak mungkin dilakukan krena kinerja harus di bandingkan dengan nenerap kriteria yang telaj ditetapkan.[32]
Pengendalain adalah proses memantau kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan itu diselesaikan seperti yang telah direncanakan dan proses mengkoreksi setiap penyimpangan yang berarti. Beberapa bentuk pengendalain adalah:[33]
·         pengendalain pasar pendekatan pengendalain yang menekankan penggunaan mekanisme pasar eksternal untuk menetapkan standar yang digunakan dalam sistem pengendalain itu
·         pengendalain birokrasi, pendekatan pengendalain yang menekankan wewenang organisasi dan mengendalikan aturan, regulasi, prosedur dan kebijakan administrative.
·         Pengendalain Klan, pengendalain dimana prilaku karyawan diatur oleh nilai, norma, tradisi, ritual, keyakinan bersama, dan aspek lain budaya organisasi.
Sementara menurut griffin pengendalain dapat berbentuk :[34]
·         pengendalain anggaran
·         pengendalain keuangan dilakukan dengan beberapa bentuk pengendalain diantaranya adalah membuat laporan keuangan meliputi profile dari beberapa aspek dalam kondisi keuangan sebuah organisasi dan audit keuangan sebagai pengujian independen atas sistem akuntansi, sistem keuangan dan sistem operasional perusahaan.
·         pengendalain birokrasi: bentuk pengendalain organisasi dicirikan oleh pengaturan struktural yang formal dan mekanistis
·         pengendalain Klan:  adalah pengendalain Klan organisasi dicirikan oleh pengaturan struktural yang informal dan organisasi. Pengendalain ini tergantung pada norma kelompok dan kultural korporasi yang kuat dan memberikan tanggung jawab kepada karyawan untuk mengendalikan diri mereka sendiri.
Proses pengendalain terdiri dari tiga tahapan :[35]
a)    penetapan standar. Standar adalah kriteria dari kinerja, point point terpilih dalam program perencanaan dimana ukuran kinerkja dibuat sehingga manajer dapat menerima signal tentang bagaimana sesuatu berjalan dan tidak perlu melihat setiap tahapan hasil;
b)    pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja berdasar kinerja seharusnya dilakukan berdasar forward looking sehingga penyimpangan dapat dideteksi saat ia terjadi dan dapat dihilangkan dengan tindakan yang tepat.
c)    Koreksi penyimpangan. Koreksi penyimpangan adalah titik dimana kontrol dapat dilihat sebagai bagian dari keseluruhan sistem manajemen dan dapat dihubungkan pada fungsi manajemen yang lain.      
Proses pengendalain dapat dilihat dari sudut pandang sistem dimana terdapat input, proses, dan output. Proses pengendalain dapat dilihat pada   pada gambar berikut :
Gambar 2. 3. Sistem Pengendalain
 















[1] Harod Koontz and Heinz Weihrich, Essentials of Management, (Singapore : McGraw-Hill Book Co., 1990). p. 4.
[2] Paul Hersey and Kenneth H. Blanchard.  Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumberdaya Manusia, Terjemahan Agus Darma, (Jakarta : Penerbit Erlangga: 1988), h. 3.
[3] Samuel C. Certo, Principles of Modern Management. (USA: Allyn and Bacon, Inc., 1989), p. 8.
[4] Ricky W. Griffin, Management, 5th Edition, (Dehli : AITBS Publishers & Distributiors, 2000), p. 5.
[5] Richard M. Hodgetts, Management : Theory, Process, and Practice, Fourth Edition (Florida : Academic Press, Inc., 1986), p. 72.
[6] Griffin, op.cit., p. 9
[7] Leslie W. Rue and Lloyd L. Byars, Management : Skill and Appication. Eight Edition. (USA: Mcgraw-Hill, 2000), p. 140.
[8] George R Terry,  Prinsip-Prinsip Manajemen, Terjemahan J. Smith DFM, , (Jakarta: Bumi Aksara, 2000), h. 46-47
[9] Rue and Byars, loc.cit.
[10] Stephen P. Robbin dan Mary Coulter, Manajemen, Edisi 7, Jilid 1, terjemahan, (Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2004), hal 176. 
[11] Fremont E. Kast and James E. Rosenzweig, Organization and Management : A System and Contingency Approach. Fourth edition. (Singapore: Mcgraw-Hill Book Co., 1986), pp. 179-180.
[12] Robin & Coulter, op.cit, p. 178.
[13] Rue and Byars, op.cit.p. 142.
[14] Hodgetts, op.cit. p. 99-101
[15] Ibid. p. 119.
[16] Terry, Op.cit. hal 96.
[17] Robbin & Coulter, op.cit, hal 254.
[18] Griffin, op.cit. hal 352..
[19] James L Gibson, James H. Donelly, JR, & John M. Ivancevich, Manajemen, Jilid 1. Terjemahan (Jakarta ; Penerbit Erlangga, 1997), hal 18. 
[20] Manahan P. Tampubolon, Perilaku Keorganisasian, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 2004), hal. 152. 
[21] Griffin, Op.cit. hal. 336.
[22] Terry, Op.cit., hal 101.
[23] Griffin, Op.cit. hal 339.
[24] Terry, Op.cit. hal. 130.
[25] Robbin, Op.cit. hal 92.
[26] Supardi dan Syaiful Anwar, Dasar Dasar Perilaku Organisasi, (Jogjakarta : UII Press, 2002), hal. 47.
[27] Gary Yukl, Leadership in Organizations, (New Jersey : Pearson Prentice Hall,  2005), p.147.
[28] Ibid. p. 148
[29] Ibid,p. 165
[30] Atep Adya Barata, Dasar Dasar Pelayanan Prima, (Jakarta, Elex  Media Komputindo, 2004), hal. 138 – 148. 
[31] Robbin & Coulter, op.cit. hal. 64 – 78.
[32] Koontz & Weihrich, op.cit. 393-394.
[33] Robbin and coulter, Op.cit. hal 168.
[34] Griffin, Op.cit., hal 172.
[35] Koontz & Weihrich, op.cit. 394-395

87 comments

27 November 2012 pukul 12.25

Indra zakaria
14609410
Sistem informasi

Isinya sangat lengkap pak, sangat bermanffat. Ternyata manajemen sangat berperan penting dikehidupan, di kehidupan sehari hari,maupun organisasi. Penerapan manajemen adalah kunci sukses meningkatkan kinerja produktifitas , motivasi dan kepuasan kerja.

27 November 2012 pukul 12.29

Indra zakaria
14609410
Sistem informasi

Isinya sangat lengkap pak, sangat bermanffat. Ternyata manajemen sangat berperan penting dikehidupan, di kehidupan sehari hari,maupun organisasi. Penerapan manajemen adalah kunci sukses meningkatkan kinerja produktifitas , motivasi dan kepuasan kerja.

27 November 2012 pukul 12.36

Indra zakaria
14609410
Sistem informasi

Isinya sangat lengkap pak, sangat bermanffat. Ternyata manajemen sangat berperan penting dikehidupan, di kehidupan sehari hari,maupun organisasi. Penerapan manajemen adalah kunci sukses meningkatkan kinerja produktifitas , motivasi dan kepuasan kerja.

27 November 2012 pukul 12.45

NAMA : LENA DWI RIYANTIKA
NRP : 14609163
JURUSAN : SISTEM INFORMASI

Dari BAB yang telah disampaikan di BLOG ini, saya akan memberikan komentar tentang materi tentang manajemen yang telah disampaikan.

Materi yang disampaikan sudah cukup baik & lengkap. Manajemen ternyata Sangat mudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja dalam hal transaksi antara penjual dan pembeli itu merupakan kegiatan manajemen, dan contoh itu sering kali kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam manajemen pun perlu dilakukan penerapan manajemen yang baik sesuai dengan aturan-aturan manajemen yang berlaku, agar manajemen tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan. Tentunya, manajemen sangat bermanfaat buat Keberhasilan suatu kegiatan atau pekerjaan tergantung dari manajemennya. Pekerjaan itu akan berhasil apabila manajemennya baik dan teratur, dimana manajemen itu sendiri merupakan suatu perangkat dengan melakukan proses tertentu dalam fungsi yang terkait. Maksudnya adalah serangkaian tahap kegiatan mulai awal melakukan kegiatan atau pekerjaan sampai akhir tercapainya tujuan kegiatan atau pekerjaan.

27 November 2012 pukul 12.59

Atika Nofitri
14609665
sistem informasi_7

menurut saya dalam blog ini sangat jelas dalam pemaparannya, karena dalam setiap organisasi membutuhkan manajemen utuk mengatur perusahaannya agar dapat mencapai tujuan organisasi dan memerlukan proses dalam setiap pecapaian tujuan dan dalam manajemen juga harus adanya komunikasi yang baik antar pimpinan dan karyawannya agar dapat tercapai tujuan organisasi

demikian komentar dari saya
terimakasih

27 November 2012 pukul 13.23

Nama : Oktavia laraswati
Nrp : 14609354

Memang manajemen dalam perusahaan memegan peranan yang penting untuk menigkatkan kinerja dalam suatu organisasi. yang didukung oleh Visi dan Misi.
Manajemen strategi membatu perusahaan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang tidak siap diantisiapasi oleh perusahaan dalam kondisi sekarang.
Karena waktu tidak bisa diprediksi dan situasi tidak bisa kita perkirakan.Manajemen Strategi membantu organisasi mengumpulkan, menganalisis, dan mengatur informasi.

27 November 2012 pukul 13.45

Eka Widya Septiany
14609644
Sistem Informasi

Isi dari blog ini sangat bagus untuk pembahasan ttg manajemen karena Manajemen menyediakan informasi bagi para pengelola perusahan untuk pengambilan keputusan yang bersifat taktis.Sstem Informasi Manajemen akan sangat membantu para pengelola perusahaan dari berbagai tingkatan dalam melaksanakan tugasnya dan bermanfaat untuk Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.

27 November 2012 pukul 15.50

Rubi'ah Adawiyah
14609907
Sistem Informasi

Manajemen memang selalu berkaitan dengan kegiatan sehari-hari agar kegiatan apapun yang kita lakukan bisa berjalan sesuai rencana sehingga tujuan bisa tercapai, manajemen juga diperlukan oleh seorang manajer perusahaan sebagai pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan.

27 November 2012 pukul 20.38

Yola Berliana
14609209
Sistem Informasi

Manajemen sangatlah penting untuk mengatur segala kegiatan di perusahaan bahkan dikehidupan sehari-hari. Bahkan sebelum manusia mengenal adanya pelajaran manajemen sudah memakainya seperti penjual dan pembeli, mengatur waktu dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pelajaran manajemensangat lah berfungsi dalam meningkatkan aktivitas kinerja dan sangat dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari.mustofa sayuti
14609048
sistem informasi

dalam kenyataanya,manajemen itu memang sangat penting dan berpengaruh dalam kehidupan sehari hari kita,.karna tanpa kita sadari manajemen itu memang sudah memang sudah mencakup kehidupan dari aspek yang ter kecil sampai yang paling

28 November 2012 pukul 18.03

Yuni dwi astuti
13110219
manajemen informatika(MI)

Setelah saya baca materi dalam blog ini sangat jelas bahwa manajemen dalam kehidupan sehari-hari sangat penting karna pada intinya manajemen adalah ilmu yang mempelajari mengenai pengaturan segala sesuatu melalui fungsi-fungsi dari manajemen,Manajemen tidak hanya dikaitkan dengan dunia bisnis yang didalamnya selalu ada seorang manajer yang mengatur setiap bagian bisnis tersebut.

28 November 2012 pukul 18.09

Yuni dwi astuti
13110219
manajemen informatika(MI)

Setelah saya baca materi didalam blog ini sangat jelas bahwa manajemen dalam kehidddddupan sehari-hari kita sangat penting karna manajemen itu ilmu yang mempelajari mengenai pengaturan segala sesuatu melalui fungsi-fungsi manajemen tersebut.Manajemen tidak hanya dikaitkan dengan dunia bisnis yang didalamnya selalu ada seorang manajer yang mengatur setiap bagian dari bisnis tersebut.

28 November 2012 pukul 19.24

Tri Inda Lestari
13110188
Mamajemen Informatika semester 5.
menurut saya tulisan di blog ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. apalagi dalam hal pekerjaan. dimana suatu pekerjaan akan lebih mudah, teratur, dan lebih cepat di kerjakan. jika, pekerjaan tersebut di manej terlenih dahulu.
contohnya saja. .
seorang manajer jika ingin perusahannya itu maju dan mencapai target harus menggunakan POAC agar mendapaykan hasil yang memuaskan dan maksimal. dalam manajemen pun harus menggunakan pengendalian. dan apa pun kegiatan setiap orang harus mennguunakan manajemen agar hasilnya optimal. :-D

28 November 2012 pukul 19.54


emm
asalamualaikum....
dari pendapat para ahli management, yaitu ada yang saya tangkap sebagai garis besar dalam ilmu management dalam sebuah organisasi yaitu :
Fungsi manajemen sangat beragam yang bersumber dari berbagai pakar manajemen diantaranya adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengambilan keputusan (Decision making), memerintah commanding), penempatan orang (staffing), pengarahan (directing), komunikasi (communicating), mempearuhi (influencing), koordinasi (coordinating), memimpin (leading), pengendalain (controlling).
nah..........????
(ada satu yang terlewat dalam tugas untuk memimpin suatu organisasi yaitu "actuating"/action)percuma kita merencanakan dan mengatur semua itu kalau tidak ada action/ tindakan yang telah di rancanakan dari awaal hingga akhir. paning,organizing,directing,leading,actuating,&controling
paket pas tugas manager dalam memanage sebuahorganisasi,adapn tambahan seperti (Decision making)nempatan orang (staffing)omunikasi (communicating)mempearuhi (influencing)koordinasi (coordinating),itu adalah inovation sebuah manager.

29 November 2012 pukul 08.06

Nama : Oktavia laraswati
Nrp : 14609354
sistem informasi

Memang manajemen dalam perusahaan memegan peranan yang penting untuk menigkatkan kinerja dalam suatu organisasi. yang didukung oleh Visi dan Misi.
Manajemen strategi membatu perusahaan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang tidak siap diantisiapasi oleh perusahaan dalam kondisi sekarang.
Karena waktu tidak bisa diprediksi dan situasi tidak bisa kita perkirakan.Manajemen Strategi membantu organisasi mengumpulkan, menganalisis, dan mengatur informasi.

29 November 2012 pukul 10.04

Syahrul Amrin
13110150
Manajemen Informatika (5)

Blog ini bermanfaat bagi orang Manajemen pada intinya sangat berarti dalam mengetaui lingkungan rencana seseorang untuk memilih strategi yang terbaik bagi organisasi / perusahaan dalam segala hal untuk mendukung gerak usaha dengan secara terus menerus dan harus dengan tuntutan kondisi di lapangan.
Jadi, secara umum meningkatkan kinerja berkerjasama dan kelompok dari fungsi manajemen dengan perencanaan (planing), Pengorganisasian (organizing), Pengarahkan (leading), Pengendalain (controlling) dalam rangka memenuhi tujuan atau mencapai target.

29 November 2012 pukul 10.12

Syahrul Amrin
13110150
Manajemen Informatika (5)

Blog ini bermanfaat bagi orang Manajemen pada intinya sangat berarti dalam mengetaui lingkungan rencana seseorang untuk memilih strategi yang terbaik bagi organisasi / perusahaan dalam segala hal untuk mendukung gerak usaha dengan secara terus menerus dan harus dengan tuntutan kondisi di lapangan.
Jadi, secara umum meningkatkan kinerja berkerjasama dan kelompok dari fungsi manajemen dengan perencanaan (planing), Pengorganisasian (organizing), Pengarahkan (leading), Pengendalain (controlling) dalam rangka memenuhi tujuan atau mencapai target.

29 November 2012 pukul 12.13

Rico Mulya Setiawan
13110576
MI

"Manajamen adalah ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan". .
manajemen sangat bermanfaat bagi kehidupan kita,, terutama dalam me'manage diri menjadi lebih baik segala-galanya dari sebelumnya. .

29 November 2012 pukul 12.16

Rico Mulya Setiawan
13110576
MI

"Manajamen adalah ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan". .
manajemen sangat bermanfaat bagi kehidupan kita,, terutama dalam me'manage diri menjadi lebih baik segala-galanya dari sebelumnya. .

29 November 2012 pukul 12.32

IIS MERILIYANA (13710869)
KOMPUTERISASI AKUNTANSI 5

Assalamualaikum...
Setelah saya baca materi ini,materi ini sangat bermanfaat bagi saya khususnya.
Pada intinya Manajemen itu adalah proses mendesain dan mengelola lingkungan dimana orang-orang, bekerja bersama dan kelompok, secara efisien untuk mencapai tujuan.
dimana manajemen itu tidak di peruntukan dalam dunia bisnis dan perusahaan saja ,tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

29 November 2012 pukul 12.48

Rizky Rachmawati
Komputerisasi Akuntansi 5

menurut saya blog ini sangat bermanfaat bagi saya.
Manajemen adalah sekumpulan aktivitas (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) yang dilakukan pada sumberdaya organisasi (manusia, keuangan, fisik, dan informasi) dengan maksud mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

29 November 2012 pukul 13.03

herly febriyanti
13710596
Komputerisasi Akuntansi

menurut saya Tulisannya bagus, lugas dan mudah dipahami.dalam tulisan tentang manajemen ini, banyak definisi-definisi dari para ahli yang dijabarkan sehingga menambah wawasan dalam bidang manajemen. ternyata manajemen sangat perlu dan penting dalam segala hal, khususnya dalam kehidupan sehari-hari agar efektif dan efisien dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
efektif berarti bisa mengatur biaya dengan seminimal mungkin, sedangkan efisien berhubungan dengan waktu untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

29 November 2012 pukul 20.46

siti mmaemunah
13710238
komputerisasi akutansi semester 5

manajemen sangat diperlukan untuk kehidupan sehari hari agar kita bisa mengarahkan tujuan hidup kita ke arah yang lebih baik dan untuk dunia kerja manajemn ternyata bia membantu kita dalam meningkatkan kinerja kerja dalam tim kerja.begitu bermanfaat manajemen itu untuk kita

30 November 2012 pukul 01.08

13110154
Manajemen Informatika

Blog ini sangat bermanfaat bagi saya yang kebetulan Bercita-cita menjadi seorang Manajer:-D,,,
Tulisannya jelas dan mudah dipahami. Tidak hanya Cara memenej sebuah perusahaan,Pembekalan sikap menjadi seorang manajerpun Dibahas dalam blog ini.
Apalagi didalamnya terdapat definisi-definisi dari para ahli yang dijelaskan,Sehingga menambah pengetahuan kepada si pembaca....

30 November 2012 pukul 13.24

Puji haryono
13110026
MI semester 5

setelah saya baca dari yang bapak tulis ,saya dapat menyimpulkan kalo Keberadaan manajemen akan menjamin tercapainya kepentingan umum karena manajemen memperjuangkan kepentingan semua pihak yang ada dalam organisasi.

serta Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
itu yang saya simpulkan dari apa yang bapak tulis di blog ini.
sekiranya koment saya dapat di terima,maaf kalo saya terlambat pak, karna kemaren hari selasa saya tidak masuk dan baru sekarang saya di kasih tau sama teman.

terimakasih.

5 Desember 2012 pukul 19.23

Gita Prabawati Azzahra
112090095
Administrasi Negara

manajemen berperan penting dalam kehidupan.

5 Desember 2012 pukul 20.04

Dita Amalia Khasanah
112090080
Administrasi Negara

Memang, manajemen sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari karena berperan penting dalam menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan . hal itu yang bisa membuat kita sukses di masa depan. Manajemen dalam mengambil keputusan sangat berperan dalam membuat keputusan baik , jadi menurut pandangan saya manajemen sanagatlah penting dalam kehidupan kita karena dengan adanya manajemen dapat mengatur sesuatu dengan baik dan benar .

5 Desember 2012 pukul 20.29

Alien Rose Putri
112090081
Administrasi Negara

terimakasih pak ilmunya, alhamdulilah bermanfaat.

5 Desember 2012 pukul 22.01

Rizcky Brenniwijaya Suharjo
112090033
Admistrasi Negara 1D

oh..jadi saya tau pak tentang ilmu managemen ini, wajib dong kalo semua orang menguasai ilmu managemen? kan ilmu management ruang lingkup nya luas pak, bisa digunakan di kehidupan sehari2 juga pak, maka dari itu kita harus sering memperkenakan ilmu ini di kehidupan sehari2. saya rasa itu saja kesan dan komentar dari saya hehehe :D

5 Desember 2012 pukul 23.34

Nama :Muspik Amrullah
NRP :14609870
Jurusan :Sistem Informasi
Semester :7 (Tujuh)
--------------------------
My BlogSite:
www.murubfixkes.blogspot.com
==================================
^_^ Lengkap dan padat Penjelasannya pak,...

Mantaps,....Menejemen itu sasuatu yang wajib untuk dimiliki oleh manusia karena sebagai khalifah kita perlu ,terutama dalam me-menejemen kehidupan kita ya pak,...menejemen itu memeberi sesuatu kebaikan lebih bagi kita yang tau cara menggunakannya,...bukan untuk kita sendiri,..Imbasnya juga akan berdampak kepada orang di sekitar kita juga,..bahkan alam pun ikut ,mendapatkan manfaatnya,...memang sih ilmu menejemen itu bermacam-macam,...tapi yang terbaik itu menejemen yang memberi manfaat untuk kita dan dunia,....yang seperti di ulas oleh bapak tadi melalui blog ini,...

Terima kasih Pak...




6 Desember 2012 pukul 00.00

Muhammad sadidin
14609875
SI (7)

isinya sangat bermanfaat dan mengingatkan kepada manajemen yang tertanam pada diri bagi pembaca (saya), secara tidak sadar manajemen sudah terinstal pada diri masing-masing individu, ya contoh kecilnya, bangun tidur dan tidur lagi. tidak dipungkiri seseorang yang kuat akan manajemen hidupnya akan teratur lalu meningkatkan kedewasaan bagi dirinya.

6 Desember 2012 pukul 00.53

M.Faizal Ar-rabani
112090090
Administrasi Negara 1D

menurut say apak, dengan ada nya management kita dapat mengatur segala sesuatu dengan lebih tepat dan akan sangat bermanfaat bagi kita semua.

6 Desember 2012 pukul 01.03

Hydra Davidson
112090091
Administrasi Negara 1

Pendapat saya tentang ilmu managemen sangat perlu buat diterapkan dalam suatu badan pak, jadi tidak usah ragu jika harus menempatkan segala nya ke bidang yg seharus nya disesuaikan. itu saja pak menurut saya tentang ilmu managemen yg saya telah baca dari blog bapak :D
selamat malam pak maaf menggangu :)

6 Desember 2012 pukul 01.28

Derra Adia I
112090082
Administrasi Negara 1D

menurut saya, managemen sangat penting pak dalam kehidupan sehari - hari, maupun kelompok, dan dengan ada nya managemen kita dapat mencapai tujuan yg kita ingin kan dengan lebih sempurna.

6 Desember 2012 pukul 18.45

Lana dwi yuningsih
110090009
administrasi negara semester 5


assalamu'alaikum
Setelah saya membaca buku tentang manajemen sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi,manajemen sangat diperlukan dalam organisasi untuk meningkatkan kinerja dan produktifitas untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
dimana arti Manajamen adalah ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan.
wassalamu'alaikum

6 Desember 2012 pukul 19.01

Hani Tri Yulianti
NPM : 110090026
Administrasi Negara (3 AN-a) Unswagati

Isinya sangat menarik dan bermanfaat, Pak. Banyak ilmu yang saya dapat tentang manajemen dari artikel di blog ini. Kesimpulan yang saya dapat dari artikel tersebut yaitu manajemen pasti diterapkan pada semua bentuk dan jenis organisasi baik perusahaan, lembaga pendidikan, rumah sakit, organisasi politik, atau bahkan keluarga.

6 Desember 2012 pukul 19.15

Hani Tri Yulianti
NPM : 110090026
Administrasi Negara (3 AN-a) Unswagati

Isinya sangat menarik dan bermanfaat, Pak. Banyak ilmu yang saya dapat tentang manajemen dari artikel di blog ini.
Kesimpulan yang saya dapat dari artikel tersebut yaitu manajemen pasti diterapkan pada semua bentuk dan jenis organisasi baik perusahaan, lembaga pendidikan, rumah sakit, organisasi politik, atau bahkan keluarga.

6 Desember 2012 pukul 19.59

Erni Anggraeni
NPM :110090045
Administrasi Negara (3 AN-a) Unswagati

Bahwa manajemen itu sangat penting bagi kehidupan karena dengan manajemen semuanya jadi terarahdalam pencapaian tujuan yang efektif dan efisien.

6 Desember 2012 pukul 20.24

Risa Rahayu
NPM : 110090015
Administrasi Negara 3AN-a UNSWAGATI CIREBON

artikel tentang manajemen di dalam blog ini sangat bermanfaat, menarik dan isinya juga berbobot Pak. inti dari artikel tersebut adalah bahwa dalam suatu manajemen, diperlukan adanya orang-orang yang mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama pula. di dalam manajemen terdapat beberapa fungsi, diantaranya: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

6 Desember 2012 pukul 20.26

Risa Rahayu
NPM : 110090015
Administrasi Negara 3AN-a UNSWAGATI CIREBON

artikel tentang manajemen di dalam blog ini sangat bermanfaat, menarik dan isinya yang berbobot Pak. inti dari artikel tersebut adalah bahwa dalam suatu manajemen, diperlukan adanya orang-orang yang mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama pula. di dalam manajemen terdapat beberapa fungsi, diantaranya: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

6 Desember 2012 pukul 21.01

Ajeng Tri Rahayu
110090082
Administrasi Negara (3AN-a)Unswagati
setelah saya membaca artikel blog ini ternyata sangat sangat bermanfaat pak, pada inti nya suatu kegiatan atau pekerjaan berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan tergantung dari manajemennya itu sendiri.

6 Desember 2012 pukul 21.03

Ajeng Tri Rahayu
110090082
Administrasi Negara (3AN-a)Unswagati
setelah saya membaca artikel blog ini ternyata sangat sangat bermanfaat pak, pada inti nya suatu kegiatan atau pekerjaan berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan tergantung dari manajemennya itu sendiri.

6 Desember 2012 pukul 21.09

Harmila Wahyuni
NPM: 110090047
Administrasi Negara Tingkat 3 UNSWAGATI

Artikel yang bapak muat tentang manajemen sangat bermanfaat dan berguna.
Sebab bagaimanapun juga dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dengan manajemen.
Dengan manajemen kita bisa mengatur sebuah perencanaan menjadi nyata.
Dengan manajemen kita bisa mencapai tujuan yang sesuai kita inginkan, jika manajemen nya buruk maka kegagalan yang akan kita alami dalam mencapai tujuan kita.
Top bgt pa artikel nya,, 1000 jempol dah pokoke 

Anonim
6 Desember 2012 pukul 21.16

Nama: TANTI
NPM: 110090007
Jurusan: FISIP/Adm Negara
Semester 5 Tingkat 3 An. A
UNSWAGATI

Banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari blog pak nurudin, bermanfaat dan sangat menarik untuk dibaca,,,
Penerapan sistem manajemen sangat lah penting, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Selain itu, diperlukan pula kerjasama antar komponen-komponen dalam organisasi tersebut.

6 Desember 2012 pukul 21.27

Hani Tri Yulianti
NPM : 110090026
Administrasi Negara (3 AN-a) Unswagati

Isinya sangat menarik dan bermanfaat, Pak. Banyak ilmu yang saya dapat tentang manajemen dari artikel di blog ini. Kesimpulan yang saya dapat dari artikel tersebut yaitu manajemen pasti diterapkan pada semua bentuk dan jenis organisasi baik perusahaan, lembaga pendidikan, rumah sakit, organisasi politik, atau bahkan keluarga.

6 Desember 2012 pukul 21.36

Ma'rifah
NPM : 110090016
FISIP ADIMINISTRASI NEGARA


isinya akurat sekali pak, inti dari pemahaman manajemen adalah ke empat uraian yang telah di jabarkan diatas yaitu 1) perencanaan (planning); 2) pengorganisasian (organizing); 3) pengarahan (leading); dan 4)pengawasan (controlling) ....
semua itu sangat berfanfaat untuk pengembangan wawasan saya dan saya yakin memberi wawasan yang luas juga kepada pembaca yang lainnya pak, bagus banget.

6 Desember 2012 pukul 21.39

risha amalia nurina
npm: 110090053
prodi Adm. negara(A) semester 5

setelah saya membaca artikel di blog ini, saya sangat antusias dengan isinya. materi yang disampaikan cukup lengkap, menarik dan bermanfaat.
saya jadi lebih memahami bahwa manajemen merupakan proses yang sangat berperan penting dalam suatu organisasi agar dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.selain itu perlu adanya kerjasama yang baik dalam suatu manajemen. Dan di dalam manajemen terdapat proses/fungsi-fungsi yang sangat berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga semua fungsi tersebut sangat penting dalam manjemen.

6 Desember 2012 pukul 21.54

Nama : Nuriki Bagja
NPM : 110090017
Adm. Negara (AN-A) UNSWAGATI

menurut saya blog ini sangat menarik dan mudah dipahami sehingga orang-orang yang tadinya tidak mengerti, bisa menjadi mengerti tentang manajemen. manajemen adalah proses pencarian tujuan organisasi dengan bekerja bersama dan melalui orang-orang dan sumberdaya organisasi lainnya dalam rangka memenuhi tujuan.

6 Desember 2012 pukul 22.14

Nama : NENA SRI HARNI
NPM : 110090002
Administrasi Negara (3 AN-a) Unswagati

Materi yang di sampaikan sangat baik dan lengkap. manajemen itu sendiri ternyata lebih banyak berperan dalam kehidupan sehari-hari apalagi di dalam suatu perusahaan atau organisasi.dan manajemen pun mempunyai fungsi yang sangat beragam di antaranya yaituperencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengambilan keputusan (Decision making), memerintah (commanding), penempatan orang (staffing), pengarahan (directing), komunikasi (communicating), memotivasi (motivating), mempengaruhi (influencing), koordinasi (coordinating), memimpin (leading), pengendalain (controlling). Sehingga semuainya sesuai dengan tujuan yang baik.

6 Desember 2012 pukul 22.34

Nama : Sopyan Suhardianto
NPM : 110090073
Adm. Negara (AN-A) UNSWAGATI

artikel di blog ini sangat bermanfaat pak. simpel namun mudah dimengerti. kesimpulan yang saya dapat adalah manajemen merupakan suatu proses kerja sama dengan dan melalui orang orang dan kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. manajemen juga merupakan proses kerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dengan menggunakan sumberdaya yang terbatas secara efisien dalam rangka mengubah lingkungan.

25 Maret 2013 pukul 13.14

indra syahputra
14509104
teknik informatika (8)


manajemen sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.tujuan nya agar kita dapat mengarahkan segala tujuan kita karena manajemen memotivasi kita untuk lebih maju lagi dalam meningkatkan kemampuan kita.

26 Maret 2013 pukul 08.42

nursidik
ti1(8) 14509106
teknik informatika

alhamdulillah,setelahmemebacanya dapat pengentahuan lebih.
betapa pentingnya manajemen dalah kehidupan.serta terdpat banyak manfaatnya.

26 Maret 2013 pukul 08.53

Nama : UMAR ALI
NRP : 14509014
semester VIII/ TI1

Ternyata dalam kehidupan sehari2 manajeman itu sangat di butuhkan sekali.
dan di blog yang bapak tulis ini semuanya sangat komplit tentang penjelasannya.
alhamdulillah dapat masukan ilmu lagi setelah membacanya.
aminnnnnn

26 Maret 2013 pukul 13.49

agus ismail 14509100
ti 1/100..

Setelah membaca tulisan ini saya menjadi mengerti bahwa untuk mencapai suatu
tujuan diperlukan kerja sama dengan dan dan melalui orang-orang atau
kelompok untuk mencapai tujuan organisasi,hal ini sesuai dengan apa yang
dijelaskan oleh Harsey dan Blancard.Ditulisan ini juga dijelaskan
secara detail tentang proses dan fungsi manajemen yang dapat disimpulkan
menjadi perancanga(planning),Pengorganisasian,pengarahan dan pengawasan..

26 Maret 2013 pukul 13.53

nama:Agus Ismail
Nrp:14509100
ti 1/8

Setelah membaca tulisan ini saya menjadi mengerti bahwa untuk mencapai suatu
tujuan diperlukan kerja sama dengan dan dan melalui orang-orang atau
kelompok untuk mencapai tujuan organisasi,hal ini sesuai dengan apa yang
dijelaskan oleh Harsey dan Blancard.Ditulisan ini juga dijelaskan
secara detail tentang proses dan fungsi manajemen yang dapat disimpulkan
menjadi perancanga(planning),Pengorganisasian,pengarahan dan pengawasan..

1 April 2013 pukul 15.29

Nama:Ryan Andriansyah
NRP:14509621
TI3(8)

alhamdulillah,setelah saya memebaca tulisan ini saya mendapat pengentahuan baru. Betapa pentingnya manajemen di dalam kehidupan sehari hari yang merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu organisasi serta terdapat banyak manfaat lainnya
Terima Kasih atas pencerahannya

18 April 2013 pukul 21.27

putri aisah
112080060
fkip ekonomi
1c

menurut saya materi yang bapak sampaikan sangat bagus dan bermanfaat. inti dari manajemen menurut saya proses merencanakan, mengorganisasikan, mengarah-kan, mengoordinasikan serta mengawasi kegiatan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

18 April 2013 pukul 22.44

Dewi Apriyani
112080070
1 C
FKIP. Ekonomi Unswagati


setelah saya membaca dan memahami tulisan ini ternyata manajemen sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti fungsi manajemen itu sendiri adalah kegiatan-kegiatan pokok yang selalu ada dan melekat dalam prosess manajemen dan dijadikan sebagai acuan oleh manajer dalam menjalankan suatau kegiatan untuk mencapai tujuan.

18 April 2013 pukul 23.24

assalamallaikum,

Nama : Minanti
Kelas : 1. C
Npm : 112080064

setelah saya membaca Teori, teori ini sangat bermanfaat bagi saya dan saya bisa lebih tahu dalam lagi apa itu teori manajemen yang di bagi menjadi 4 empat yaitu Planning, organizing, learding, controlng. manajemen sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dan sangat penting bagi perusahaan...

Anonim
19 April 2013 pukul 07.58

Assalamualaikum

Nama: Rizkhatul Mauliyah
Kelas:1C
Npm: 112080069
FIKP EKONOMI

materi yang disampaikan sangat lengkap dan jelas, yaitu dimana manajemen itu sendiri sangat berpengaruh terhadap suatu organisasi dalam perusahaan agar berjalan dengan baik dan efisien, agar tercapainya tujuan yang lebih maksimal. manajemen pun berperan penting dalam kehidupan.

19 April 2013 pukul 17.11

Muhamad Gofar Maulana

Nama : Muhamad Gofar Maulana
Kelas : 1.C
N P M : 112080054
FKIP Ekonomi Unswagati

Assalamu'alaikum Wr. Wb

dari teori yang bapa buat. saya bisa mengetahui dengan pentingnya teori managemen itu,
semua kegiatan yang sukses atau berhasil sesuai tujuan yang di inginkan itu karena penerapan managemennya bagus,
karena dalam teori ini terdapat POAC (Planing, Organizing, Actuating, Controling) itulah kunci dari kesuksesannya.

terimakasih atas teorinya. teori ini sangat bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

19 April 2013 pukul 19.23

Nama : ekayanti Nur Anix
kelas : 1C
NPM : 112080055
Fakultas : FKIP Ekonomi
Jurusan : Pendidikan Ekonomi

Assalamualaikum Wr Wb
Materi manajemen ini sangat bermanfaat untuk saya, tentunya semua ilmu sangat bermanfaat apalagi jika kita mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. menurut saya manajemen sebenarnya sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, bisa dilihat dari mulai perencanaan, pembagian tugas, pemberian dorongan (pengarahan), dan pengendalian hanya saja kita tidak terlalu memperhatikan betul. dengan penjelasan yang telah bapak sampaikan saya lebih memahami dan mengerti apa hakikat manajemen itu, yang dilihat dari beberapa pengertian menurut para ahli. materi sangat memberi inspirasi bagaimana jika saya menjadi seorang manajer dan manajemen yang baik bisa diterapkan agar kegiatan yang saya jalani mencapai tujuan sehingga mendekati kesuksesan.
terima kasih untuk materinya. wassalamualaikum wr wb

20 April 2013 pukul 13.56

Nama : Desilawati
kelas : 1C
Npm : 112080073
Fakultas : FKIP Ekonomi
Jurusan : Pendidikan Ekonomi

Setelah saya baca dan saya cermati ternyata teori tentang manajemen sangat bermanfaat bagi kita terutama dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa manajemen mungkin kita tidak bisa mengendalikan suatu organisasi, apabila suatu organisasi tidak adanya suatu manajemen maka kegagalanlah yang akan terjadi jadi manajemen sangat dibutuhkan oleh kita.
Terimakasih pak materinya sangat bermanfaat.

20 April 2013 pukul 19.25

Nama : Muhamad Suganda
kelas : 1D
Npm : 112080091
Fakultas : FKIP Ekonomi
Jurusan : Pendidikan Ekonomi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sebelumnya terimakasih pak untuk materinya, saya paham bagaimana hubungan organisasi dengan manajemen ternyata manajemen itu sebagai pengatur atau proses perencanaan penggunaan sumber daya dan usaha-usaha untuk mencapai tujuan tertentu dalam organisasi.
Manajemen sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.

21 April 2013 pukul 11.31

Nama : Wendi Supriyanto
Kelas : 1D
NPM : 112080090
Fakultas : FKIP EKONOMI
Jurusan : Pend. Ekonomi

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Seperti yang telah saya baca pada materi Bapa . suatu manajer tentu harus memiliki beberapa perencanaan seperti : 1. planning 2. organizing 3. leading dan 4. controlling. yang harus di terapkan oleh seorang manajer.

21 April 2013 pukul 11.42

Nama:Seftian kurnia santosa
Kelas:1D
NPM:112080079
Fakultas:FKIP EKONOMI
Jurusan:Pend.Ekonomi

Assalamualaikum Wr.Wb.
terimakasih sebelumnya atas materi yang telah bapak berikan materi ini akan bermanfaat bagi saya.menurut saya empat pilar tersebut sangat berkaitan dan sangat penting dalam manajemen karena jika tidak ada empat pilar tersebut organisasi tidak akan berjalan lancar.

21 April 2013 pukul 16.42

Assalamu'alaikum..

Nama : Ma'Arif Ramadhan Sidiq
Npm : 112080094
Kelas : 1.d
FKIP Pend.Ekonomi

Menurut saya materi yang bapa sampaikan sangat bagus dan bermanfaat
Menurut saya managemen adalah suatu proses dimana planning,pengorganisasian,pengarahan,dan pengendalian menjadi satu untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
Terimakasih atas materi yang bapa sampaikan.
Wasalamu'alaikum.

21 April 2013 pukul 20.10

Nama : Diana Safitri
Npm : 112080056
kelas : 1.c
Fkip Pend. Ekonomi

Assalamuallakum wr,wb
Setelah saya baca tulisan bapak, isinya sangat bermanfaat, saya lebih memahami lagi tentang manajemen, karena di dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam organisasi kita perlu adanya manajemen yaitu di dalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan yang membuat tercapainya tujuan yang direncanakan.

21 April 2013 pukul 21.53

Nama: Agung Sedayu
Npm : 112080057
kelas : 1.c
Fkip Pend. Ekonomi unswagati

Assalamuallakum wr,wb
seperti hal nya yang saya ketahui, penerapan penerapan manajemen merupakan dasar bagi kehidupan sehari hari, dari materi yang tadi bapa kembangkan menjadi suatu artikel yang menarik, artikel tersebut menurut saya sebagai pembaca sangatlah bermanfaat dan berguna untuk bahan referensi pembelajaran saya, artikel tersebut membahas seorang manajemen harus memiliki suatu keprofesionalan dalam melakukan sesuatu pekerjaan dan bekerja sama dengan orang lain dengan baik, seperti yang dikemukakan oleh para ahli khusus nya Hersey dan Blanchard bahwa manajemen merupakan suatu proses kerja sama dengan dan melalui orang orang dan kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. maka dari itu manajemen diharuskan memahami fungsi manajemen nya yaitu planning, organizing, leading, dan controlling.
terima kasih untuk materinya pa.
wassalamualaikum wr, wb

22 April 2013 pukul 10.33

Nama : abdurahman
Npm : 112080095
Kelas: 1.D
Fkip ekonomi
Assalamualaikum wr.wb
Menurut saya materi yang bapak berikan sangat bermanfaat karena suatu manajemen mengatur dalam fungsi yang berperan sebagai pengorganisasian, pengontrolan, pengawasan, dan pengoptimal. Maka pendidikan akan terlaksana dengan baik.
Wasalam wr.wb.

22 April 2013 pukul 15.58

Assalamu'alaikum..
Menurut saya manajemen adalah salah satu cara atau kiat untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Manajemen sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih :)
Nina Agustina
I.D
112080093
FKIP EKONOMI. UNSWAGATI

22 April 2013 pukul 17.18

Nama saya :muhammad ikhsan
kelas saya :1 D
Npm saya :112080098
FKIP EKONOMI

Manajemen memang sangat dibutuhkan untuk suatu proses pencapaian tujuan yang di inginkan. apapun kegiatanya saya rasa akan menjadi lebih efektif dan efesien jika kita menerapkan fungsi manajemen,dari artikel tersebut yang bapa tulis sangat membantu kita memahami segala sesuatu yang bersangkutan tentang proses manajemen. saya harap materi bisa bermanfaat untuk semua

Terimakasih....

22 April 2013 pukul 18.49

assalamualaikum.

saya sri mulyaningsih(112080190) dari kelas 1C FKIP EKONOMI. menurut saya pengelolaan fungsi manajemen yang baik akan menghasilkan hasil yang memuaskan sehingga dapat manajemen tersebut bisa mencapai tujuan yang akan dicapai dengan baik. teori yang bapak tulis sangat bermanfaat. terimakasih.
wassalamu'alaikum wr.wb

22 April 2013 pukul 21.01

manajemen sangat bermanfaat bagi strategi ekonomi, khususnya untuk bidang-bidang tertentu seperti bidang pendidikan, serta manajemen juga merupakan suatu analisis dalam perbaikan dan penilain suatu sistem

nama : siti nurrosiyanti
npm :112080099
kelas : 1d

22 April 2013 pukul 21.10

assalaamu'alaikum
nusaibah
112080071
fkip/ pend.ekonomi
1c

dari materi manajemen yang bapak muat, sangat bermanfaat. bukan hanya bermanfaat karna kita mendapatkan ilmu baru, tetapi bermanfaat dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari kita. ya... mulai dari hal terkecil dulu penerapannya lalu ke hal/tingkat atasnya.
demikian komentar saya, terima kasih :)

23 April 2013 pukul 16.32

Nama : shinta eka fatmalasari
Kelas : 1c
NPM : 112080065
Fakultas : FKIP
Jurusan : pend.ekonomi

menurut saya isi dari materi yang dipaparkan bagus, sehingga pembaca mudah mengerti arti dari manajemen dan memahami keterkaitan antara manajemen dan organisasi. organisasi adalah suatu tempat sekumpulan orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. sedangkan manajemen adalah proses dalam organisasi itu sendiri. oleh karena itu tanpa adanya suatu manajemen dalam organisasi maka organisasi tidak dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
:)

6 September 2013 pukul 22.07

Sartija
13111630
management informatika

ternyata ilmu manajemen secara tidak sadar kita selalu melakukan nya setiap hari entah itu proses jual beli barang ataupun proses memanage diri kita dalam kehidupan sehari-hari agar mencapai tujuan yang lebih baik.

20 Desember 2013 pukul 02.19

Fungi manajemen dapat ditelaah dari aktivitas-aktivitas utama yang dilakukan oleh manajer yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.
Fungsi manajemen yang sesuai dengan profil kinerja pendidikan secara umum adalah melaksanakan fungi planning, organizing, staffing, coordinating, leading (facilitating, motivating, innovating), reporting, controlling. Dalam operasionalnya dapat dibagi dua yaitu fungsi manajemen pada tingkat/level makro/messo dan pada level institusi pendidikan mikro.

Nama : Sugi Kuswari
NPM : 112070266
Prodi : FKIP Matematika Unswagati
Kelas : 2.i

Jum'at,20 Desember 2013
Pukul 02.17 WIB

10 April 2017 pukul 22.10

Nama : Liana sari patimah
NRP : 13114277
Managemen Informatika (6)

Sangat bermanfaat, dan pada dasarnya manajemen tidak hanya terikat pada suatu bisnis saja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam keluarga. Dalam keluarga perencanaan sanagat diperlukan agar kita dapat mencapai tujuan keuangan secara menyeluruh, dan mencakup seluruh kehidupan kita. Tanpa perencanaan yang benar, bisa terjadi kekacauan dalam keuangan kita nanti.

10 April 2017 pukul 22.46

Nama : Priyanti sari
Nrp :13114351
Jurusan :MI (6)
Manajemen sangat bermanfaat bagi strategi ekonomi,khususnya untuk bidang-bidang tertentu seperti bidang pendidikan dan membatu perusahaan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang tidak siap diantisiapasi oleh perusahaan dalam kondisi sekarang. 
Karena waktu tidak bisa diprediksi dan situasi tidak bisa kita perkirakan.Manajemen Strategi membantu organisasi mengumpulkan, menganalisis, dan mengatur informasi,serta merupakan suatu analisis dalam perbaikan dan penilaian suatu sistem.

2 Oktober 2018 pukul 06.11

Mantap ilmu yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi para pembaca nya
Untuk menambah wawasan pengetahuan.

Firman bachtiar
Kelas AN/A
Tingkat 4

Posting Komentar
- See more at: Fytoko Corporation

STATISTIK

Pengunjung

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.UySpcPMO.dpuf