Senin, 29 September 2014

NUKILAN TEORI DIISIPLIN DIRI DAN kONSEP DIRI


 Konsep Diri

Menurut Anita E. Woolfolk, konsep diri adalah pandangan perasaan kita tentang diri kita. Persepsi tentang diri ini baik bersifat psikologis, emosional aspirasi dan prestasi yang dicapai. ( Anita E, Woolfolk., Boston: Allin and Bacon, 1993,h .73 )Dalam bahasa yang lain, konsep diri dapat diartikan sebagai pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pujigoyanti, Konsep Diri dalam Pendidikan,( Jakarta : Arcan, 1995:h,2.) Hampir sama dengan pendapat tersebut, Calhoun dan Acocella yang menyatakan konsep diri meliputi pengetahuan, pengharapan, dan penilaian terhadap diri sendiri.Lihat James F. Caltoun and J.R Acocella, Psyshology of Adjustment and Humen Relationship ( New York: MCGraw Hill Inc, 1990), h.57. Setiap macam konsep diri mempunyai aspek fisik dan psikologis. Aspek fisik terdiri dari konsep yang dimiliki individu tentang penampilannya, kesesuaianny dengan selisihnya arti penting tubuhnya dalam hubungan dengan perilakunya dan gengsi yang diberikan tubuhnya dimata orang lain. Aspek psikologis terdiri dari konsep individu tentang kemampuannya dan ketidakmampuannya, hanya terhadap dirinya dan hubungannya dengan orang lain. Selanjutnya Rogers sebagaimana dikutip Burns mengemukakan bahwa konsep diri sebagai sebuah konfigurasi persepsi-persepsi tentang diri yang terorganisasi disusun dari unsure-unsur seperti mengenai karakteristik dan kemampuan seseorang.Liht.R.B Burn, The Self Concept, In Theory, Measuerment, Development, and Behavior (New York: Longman Inc, 1979),h 31. Keterampilan. Untuk konsep diri umum pada dasarnya relative sukar untuk diubah, sedangkan konsep diri mayor dan spesifik pada umumnya dapat diubah.http:/WWW.Katana-Point.com./ais/afig/chapters/chap30/chp3.
Komponen dan Dimensi Konsep Diri
Menurut Hurlock, konsep diri meliputi diri meliputi tiga komponen, yaitu:
Percepinal, concepinal, dan attitudinal component. (Elizabeth B. Hurlock, New Delphi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Ltd, 1978),h.2. Komponen percepinal (konsep diri fisik) merupakan gambaran diri seseorang yang berkaitan dengan tampilan fisiknya, termasuk daya tarik yang dimilikinya bagi orang lain. Adapun komponen conceptual (konsep diri psikhis) merupakan gambaran ciri khas seseorang atas dirinya, kemampuannya, asal usul serta masa depannya. Sedangkan komponen attitudenial adalah perasaan seseorang terhadap dirinya sendiri, sikap terhadap statusnya, kehormatan, rasa harga diri, rasa kebanggaan, rasa malu dan sejenisnya. (Ibid, h,22).
Hakikat Konsep Diri
Konsep diri merupakan faktor yang sangat menentukan dalam komunikasi interpersonal, karena setiap orang bertingkah laku sedapat mungkin sesuai dengan konsep dirinya. ( Jalaludin Rakhmat, Op Cit , h.104) Menurut Calhoun dan Accocella kualitas konsep diri seseorang dibagi berdasarkan tiga dimensi: pengetahuan, evaluasi dan pengharapan seseorang, atas dirinya, mereka mendiskripsikan beberapa karakter seseorang sesuai dengan kualitas konsep dirinya, yan secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut. (Calhoun dan acocella, Op Cit.h.62-63)
Sedangkan menurut D.E Hamachek, yang dikutip oleh Rakhmat ada Sebelas karakteristik orang yang mempunyai konsep diri positif:
(1) ia meyakini betul-betul nilai-nilai dan prinsip-prinsip tertentu serta bersedia mempertahankannya, walaupun menghadapi pendapat kelompok yang kuat.
(2) ia mampu bertindak berdasarkan penilaian yang baik tanpa merasa bersalah atau menyesal tindakannya jika orang lain tidak menyetujuinya.
(3) ia tidak menghabiskan waktu yang tidak perlu untuk mecemaskan sesuatu yang terjadi.
(4) ia memiliki keyakinan pada kemampuannya untuk mengatasi masalah dan mampu menghadapi kegagalan.
(5) ia merasa sama dengan orang lain.
(6) ia sanggup menerima dirinya sebagai orang yang penting dan bernilai bagi orang lain.
(7) ia dapat menerima pujian dan penghargaan tanpa berpura-pura atau merasa bersalah.
(8) ia cenderung menolak usaha orang lain untuk mendominasinya.
(9) ia sanggup mengaku kepada orang lain bahwa ia mampu merasakan dorongan dan keinginan.
(10) ia mampu memiliki dirinya utuh dalam berbagai kegiatan.
(11) ia peka pada kebutuhan orang lain. ( Jalaluddin Rakhmat, Ibid.h.106)

Disiplin Diri
Menurut Hurlock disiplin berasal dari kata “disciple” yang mempunyai makna yaitu seseorang yang belajar secara sukarela mengikuti perilaku seseorang pemimpin, orang tua dan guru. ( Elizabeth B. Hurlock, Terjemahan Meitasari Tjandra Jakarta : Erlangga,1993), h.82.
Empat unsur-unsur disiplin dari: (1) peraturan sebagai pedoman (2) hukuman untuk pelanggaran peraturan; (3) penghargaan untuk perilaku yang baik dan (4) konsistensi dalam pelaksanaan peraturan. ( Elizabet B. Hurlock, h.84).


18 comments

15 Oktober 2014 pukul 19.16

punten pak kalau menurut bapak konsep diri itu apa?

20 September 2016 pukul 18.38

Assalamualaikum pak,tulisannya sangat bagus dan saya tau apa arti itu disiplin dan konsep diri. Semoga tulisan bapa dapat bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya ya pak . Barrakallah pak .
Nama : Nurkafiyah
NPM :116090077
Kelas : AN 1 D

6 April 2017 pukul 07.56

Terimakasih pak, tulisannya sangat bagus yg membahas tentang konsep diri dan didalamnya terdapat mengenai tingkah laku setiap individu. Semoga bermanfaat juga bagi orang banyak yg membacanya.
Nama : Lulu Gumanti
Npm : 114090055
Kelas : AN 3 B

6 April 2017 pukul 12.19

terima kasih bapak.nama saya septi hilmi asyegaf npm 114090042 dari kelas an. 3.b blog ini sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan saya. semoga bisa lebih banyak orang yg mengetahui blog ini dan menjadikannya hal yang positif.

10 April 2017 pukul 21.03

Assalamualaikum bapa, saya sudah baca artikel di atas dan ini rangkuman menurut saya

1 ) Konsep diri adalah Opini dan pemahaman terhadap perasaan dirinya sendiri, opini dan pemahaman tersebut bisa berasal dari orang lain sehingga seorang itu tau bahwa dirinya baik atau buruk.
Komponen dan Dimensi Konsep Diri Menurut Hurlock, konsep diri meliputi diri meliputi tiga komponen, yaitu: Percepinal, concepinal, dan attitudinal component. (Elizabeth B. Hurlock, New Delphi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Ltd, 1978),h.2.

2 ) disiplin diri adalah orang yang tulus mematuhi peraturan yang dibuat oleh orang lain, seperti bos, orang tua dan guru.

NAMA : Sanapi
NRP : 13114617
JURUSAN : manajement informasi
STIKOM POLTEK

10 April 2017 pukul 22.08

Assalamu'alaikum, pak . Dari apa yang telah saya baca diatas mungkin bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya disiplin diri itu tergantung pada diri kita sendiri. Seperti halnya dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan yang selalu diri kita sendiri lakukan tiap hari maka yang akan dihasilkan pun tidak akan jauh dari apa yg kita lakukan, misalnya kita dalam kehidupan ini tentu mempunyai suatu tujuan tertentu. Dari situ kita memang memerlukan yang namanya disiplin diri, karena dengan adanya disiplin diri kita akan mampu dalam mewujudkan mimpi-mimpi yang sudah kita bangun.
Dan begitu juga dalam konsep diri, itu juga sangat diperlukan. Karena dengan adanya konsep diri maka kita akan mengetahui tujuan-tujuan yang ingin kita wujudkan dalam diri kita atau hidup kita, kita juga jadi lebih berani mencoba hal baru yang tentunya positif, belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, dan kita juga dapat mengevaluasi diri kita sendiri jika masih ada yang kurang lalu melakukan perbaikan.

Mungkin hanya itu yang bisa saya simpulkan dari tulisan bapak diatas. Mohon maaf jika apa yang saya simpulkan masih ada kesalahan-kesalahan.
Wassalamu'alaikum, pak.

Nama: EVI FAIZAH
NRP. : 13114616
Kelas : MI2
Stikom Poltek Cirebon

10 April 2017 pukul 23.00

Dari Artikel yang tadi saya Baca dapat saya simpulkan
- Konsep Diri iyalah presepsi tentang diri kita yang bersifat psikologi,emosionaldan suatu yang ingin dicapai, atau dapat kita sebut juga pandangan seorang individu terhadap dirinya sendiri.
- Komponen, dimensi konsep diri meliputi berbagai aspek antaralai percapinal, concepinal dan attitudinal menurut EliElizabeth B. Hurlock, New Delphi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Ltd, 1978 dan konsep diri juga merupakan factor yang sangat memerlukan komunikasi interpersonal karena dapat sesuai dengan diri sendiri.
- Disiplin diri ialah seorang yang dengan senang hati mengikuti semua aturan yang telah dibuat agar tercipta prilaku yang baik disetiap individunya.


Nama : Hidayat Taufik Z.A
NRP :13114444
Jurusan :Manajemen Informatika
Semester : 6
STIKOM POLTEK CIREBON

10 April 2017 pukul 23.03

Assalamu'alaikum bapa, saya sudah baca artikel bapa di atas dan ini hasil rangkuman dari saya.

1. Konsep diri adalah suatu pandangan, sikap dan tingkah laku seseorang baik dari pengetahuan maupun penilaian diri sendiri.
Menurut Hurlock, konsep diri meliputi diri meliputi tiga komponen, yaitu:Percepinal, concepinal, dan attitudinal component. (Elizabeth B. Hurlock, New Delphi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Ltd, 1978),h.2. Komponen percepinal (konsep diri fisik) merupakan gambaran diri seseorang yang berkaitan dengan tampilan fisiknya, termasuk daya tarik yang dimilikinya bagi orang lain. Adapun komponen conceptual (konsep diri psikhis) merupakan gambaran ciri khasseseorang atas dirinya, kemampuannya, asal usul serta masa depannya. Sedangkan komponen attitudenial adalah perasaan seseorang terhadap dirinya sendiri, sikap terhadap statusnya, kehormatan, rasa harga diri, rasa kebanggaan, rasa malu dan sejenisnya.

2. Disiplin diri adalah suatu sikap yang patuh kepada pemimpin baik untuk waktu atau peraturan yang ada dalam suatu perusahaan tersebut.

Nama : Santi
Nrp : 13114623
Jurusan : MI
STIKOM POLTEK

11 April 2017 pukul 10.33

Assalamualakum pa, dari artikel NUKILAN TEORI DISIPLIN DIRI DAN KONSEP DIRI yang saya baca berikut rangkumannya.

1.Inti konsep diri adalah supaya kita bisa mengenal dan memahami konsep yang ada didalam diri kita, melalui pandangan kita tentang diri kita sendiri, mengevaluasi hal-hal atau tindakan yang kita lakukan dan memperbaikinya. Kemudian memberi penilaian terhadap diri sendiri dan mendeskripsikan beberapa karakter seseorang sesuai dengan kualitas konsep dirinya yang dijelaskan secara ringkas.

2.Disiplin diri berarti melatih diri melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup.

Nama :Rina Gunawan
NRP :13114613
Jurusan :Manajemen Informatika (MI 2)
STIKOM POLTEK

11 April 2017 pukul 11.16

Assalamualaikum bapa, saya pun sudah membaca artikel diatas dan ini salah satu kesimpulan saya dari banyak yang menyimpulkan tentang konsep diri

1. Konsep diri adalah pengamatan terhadap diri kita sendiri. Yaitu pandangan individu atau pandangan tentang masing-masing orang meliputi gambaran diri kita/kepribadian kita sendiri.
Banyak orang gagal bukan karena mereka tidak mempunyai pitensi juga kemampuan, tetapi bisa diakibatkan karena kesalahan konsep itu sendiri, yang tidak mengenal bagaimana konsep diri kita sendiri. Maka dari itu nari kita kenali diri kita sendiri dan jangan meniru orang lain, yang penting adalah jujur pada diri kita sendiri, sadari tujuan kita, keinginan, kekuatan serta kelemahan diri kita.

2. Disiplin diri adalah, bagaimana kita bisa melatih diri kita sendiri untuk paruh, taat, tepat waktu serta melakukan sesuaty dengan teratur.

Nama: eliawati
NRP : 13114604
Jurusan: Manajemen Informatika (MI2)
STIKOM POLTEK

11 April 2017 pukul 12.25

Assalamu'alaikum wr.wb
Dari artikel “NUKILAN TEORI DISIPLIN DIRI DAN KONSEP DIRI” yang sudah saya baca, dapat disimpulkan:

1.konsep diri adalah penilaian kita terhadap diri sendiri baik dari sikap, emosianal, pengetahuan, dan kemampuan yang kita miliki. Mengetahui semua kelebihan dan kekurangan, serta apa yang bisa dan apa yang tidak bisa lakukan.
2.Disiplin diri adalah keinginan seseorang untuk dapat mendisiplinkan dirinya dengan cara mengikuti perilaku seseorang yang menjadi panutanya ataupun orang yang ia segani seperti pemimpin, orang tua dan guru.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Nama: Aisah
NRP : 13114634
Semester : 6
Jurusan: Manajemen Informatika (MI2)
STIKOM POLTEK CIREBON

14 September 2017 pukul 18.46

Assalamualaikum wr.wb pak

menurut saya kata-kata dan tulisan nya bagus pak lalu menginspirasi buat saya.
bahwa teori disiplin diri dan konsep diri harus diterapkan pada diri kita agar rasa disiplin kita menjadi lebih baik.
bahwa rasa disiplin itu sangat penting untuk melatih kemandirian pada diri kita?

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat :-)

NAMA : VINA NOVIASARI
NPM : 113090166
KELAS: AN 1 C
JURUSAN : Administrasi Negara
Unswagati Cirebon

14 September 2017 pukul 19.35

Assalamualaikum pak...
tulisan ini sangat bermanfaat dan setelah saya membacanya saya dapat menyimpulkan bahwa
1. konsep diri menurut saya adalah pemahaman lebih terhadap diri kita sendiri.
2. disiplin diri menurut saya adalah seseorang yang dengan senang hati mengikutin peraturan tertulis/tidak tertulis yang berasal dari pemimpin, orang tua maupun guru dan tanpa ada paksaan menjalaninya. sehingga orang yang disiplin akan terlihat enjoy ketika mengikuti peraturan tsb.

Nama : Tiyas Rahmayanti
NPM : 117090075
Tingkat : 1
kelas : C (administrasi negra)
Unswagati Cirebon

14 September 2017 pukul 20.53

Assalamualaikum wr.wb pak

Menurut saya tulisan dan kata-katanya sangat bagus untuk menginspirasi saya pak
bahwa :

1. suatu konsep diri adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri jadi lebih mencontohkan pada sikap individu masing-masing.

2. disiplin diri itu adalah melatih batin dan watak seseorang supaya perbuatannya menaati tata tertib yang sudah ada.

terima kasih , semoga bermanfaat buat semua.....

NAMA : VINA NOVIASARI
NPM : 113090166
KELAS: AN 1 C
JURUSAN : ADMINISTRASI NEGARA
UNSWAGATI CIREBON

14 September 2017 pukul 20.54

Assamu'alaikum wr.wb
Menurut saya tulisan ini sangat bagus dan bermanfaat.
Disiplin sendiri memiliki contoh yaitu kita dapat patuh terhadap sesuatu, selalu tepat waktu dalam melakukan sesuatu dan dengan senang hati tidak melanggar peraturan tertulis dan tidak tertulis.

Nama: Ziadatul Filda N
Kelas: AN 1 C
Jurusan Ilmu Administrasi Negara

19 September 2017 pukul 19.34

Nama : vira salbilla
Kelas. : D
Tingkat : 1
Prodi. : adm negara
Unswagati cirebon

19 September 2017 pukul 20.03

Assalamualaikum wr.wb

Menurut saya tulisan atau blog ini sangat bermanfaat karna saya bisa lebih tau apa arti disiplin itu .
Maka dari itu sy lebih memilih baca blog ini , karna sy ingin lebih tau lagi dr kata arti disiplin itu .
Terimakasih


Nama : vira salbilla
Kelas, tingkat : 1 D
Prodi. : adm negara
Unswagati cirebon

Posting Komentar
- See more at: Fytoko Corporation

STATISTIK

Pengunjung

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.UySpcPMO.dpuf