Minggu, 30 Oktober 2011

FILSAFAT PANCASILA

Bab 1 - Filsafat Pancasila

9 comments

31 Oktober 2011 pukul 16.22

Warganegara Indonesia merupakan sekumpulan orang yang hidup dan tinggal di negara Indonesia Oleh karena itu sebaiknya warga negara Indonesia harus lebih meyakini atau mempercayai, menghormati, menghargai menjaga, memahami dan melaksanakan segala hal yang telah dilakukan oleh para pahlawan khususnya dalam pemahaman bahwa falsafah Pancasila adalah sebagai dasar falsafah negara Indonesia. Sehingga kekacauan yang sekarang terjadi ini dapat diatasi dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia ini.

27 November 2012 pukul 16.14

Nama : Yayah Fauziah
NRP : 13110077
Jurusan : M.I (5)
Email : yayahfauziah18@yahoo.co.id

komentar "Filsafat Pancasila"
Pancasila sebagai pandangan hidup untuk kehidupan kita sehari-hari,,

Pancasila sebagai pandangan hidup berarti pancasila digunakan sebagai pedoman hidup. Sebagai pandangan hidup dipedomani untuk bersikap, bertingkah, berprilaku dalam sehari-hari, dan berkehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

terimakasih

28 November 2012 pukul 11.40

Nama : Andi Novi Indriati
NRP : 23710266
Jurusan : Komputerisasi Akuntansi
Email : oppeyccimoodt@gmail.com

Comment " Filsafat Pancasila "

Jiwa ke pancasilaan itu di dapatkan dari lingkungan terdekat ( keluarga ) terlebih dahulu , karena faktor pendukung yang paling itu adalah keluarga .

Bila penerapan etika tentang bagaimana cara menyikapi arti suatu moral bangsa itu sesuai dengan koridornya , maka generasi muda tersebut akan lebih tahu cara ia mengembangkan apa yang telah di dapatkan nya dan akan menerapkannya sesuai jalurnya .

Dan jelasnya ia akan lebih menjunjung harkat derajat dari suatu bangsa dan negara nya dengan pola berfikir , bersikap dan mengembangkan prestasinya .

Sekian dan Terima Kasih .

28 November 2012 pukul 17.11

Nama : Rudaci
Jurusan : MI_(5)
Email : dachi_4040@yahoo.co.id

Mengenai Filsafat Pancasila itu sendiri mampu membuat Pancasila menjadi nilai rujukan antar kebersamaan atas beragam kebudaya dan etnis dari Sabang sampai Merauke.

Sangatlah penting kita sebagai warga negara indonesia menggunakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,entah itu dengan keluarga,teman,dan masyarakat.

Karena Pancasila merupakan representasi positif dari akar budaya masyarakat. menjunjung tinggi moral (Ketuhanan Yang Maha Esa), kemanusiaan,kerakyatan, persatuan dan kesatuan bangsa,

28 November 2012 pukul 19.26

Nama : indah yuliyanti
Nrp : 13710227
Jurusan : komputerisasi akuntansi
email : indah.yuliyanti@rocketmail.com

komentar tentang "filsafat pancasila"

pancasila adalah cerminan diri,karena pancasila mengajarkan kebaikan agar kita mampu bersikap baik terhadap diri sendiri dan juga terhadap orang lain...
pancasila harusnya bisa menjadikan bangsa indonesia ini menjadi bangsa yang maju,asalkan para pemerintah mampu menerapkan pancasila kepada kehidupan sehari-hari mereka dan mereka mampu memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat agar tidak melakukan berbuatan yang jahat dan tidak mencontohkan masyarakat korupsi agar bangsa ini mampu untuk menjadi bangsa yang mempunyai kesopan santunan dalam berbicara dan perbuatan.

29 November 2012 pukul 12.38

Nama : Nia sukmawati
NRP : 13710006
Jurusan : Komputerisasi Akuntansi 5

Blog Bapak sangat lengkap dalam berbagai ilmu dan dapat menambah ilmu kepda semua orang dan salah satunya ilmu filsapat pancasila.disini saya akan berkomentar tentang ilmy filsapat pancaila.

pancasila itu sendiri adalah pandangan hidup.. pancasila dijadikan sebagai pedoman bertingkah laku, dan berbuat dalam segala bidang kehidupan, meliputi bidang ekonomi, politik sosial dan budaya dan pertahanan dan keamanan
filsapat pancasiladapat diartikan sebagai refleki kritis dan raional tentang pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa dengan tujuan untuk mendapatkan pokok-pokok pengertian secara mendasar dan menyeluruh.

30 November 2012 pukul 17.14

Nama : wira dinata
NRP : 13110256
Manajemen Informatika 5

Pancasila sebagai ideologi negara atau sebagai pandangan hidup sudah final. Akan tetapi dalam tahap pelaksanaannya masih banyak pelanggaran-pelanggaran yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila yang sering kita temukan di negara ini.
Masalah yang paling membahayakan adalah korupsi dalam pembuatan peraturan dan kebijakan undang-undang. sangat sulit sekali bila kita hanya mengandalkan Mahkamah konstitusi untuk memperbaiki undang-undang yang bermasalah,jadi harus ada tindakan yang terstruktur antara pemerintah dan DPR dengan melibatkan akademisi pancasila dan peran masyarakat untuk membahas kembali undang-undang yang bermasalah.

Jadi menurut saya bila pancasila sudah tidak manjadi perhatian bagi pemerintah dan masyarakat indonesia berarti bangsa ini telah mengabaikan nilai-nilai pancasila sebagai pandangan hidup ideolodi negara.

6 September 2013 pukul 22.29

sartija
13111630
MI

pancasila adalah pandangan hidup masyarakat indonesia.
akan tetapi di jaman sekarang banyak yang melanggar bahkan tidak memperdulikan adanya filsafat pancasila.
dan banyak juga masyarakat yang tidak menghargai adanya 4 pilar berbangsa dan bernegara...
semoga ada nya blog ini semua orang membaca dan menyadari pentingnya pancasila untuk kehidupan sehari-hari

20 Desember 2013 pukul 02.40

Filsafat adalah ratu ilmu pengetahuan (Queen of Knowledge) karena filsafat dipandang sebagai induk ilmu pengetahuan atau yang melahirkan illmu pengetahuan. Artinya sebelum ada ilmu pengetahuan, filsafat merupakan lapangan utama pemikiran dan penyelidikan manusia.
Kesimpulan – kesimpulan filsafat bersifat hakiki sehingga menyebabkan kedudukan filsafat dianggap lebih tinggi dari ilmu pengetahuan yang lain.
Oleh sebab itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, filsafat menjadi acuan dalam melaksanakan pembangunan dan pedidikan. Ajaran filsafat yang komprehensif lah yang telah menghantarkannya menduduki status yangv tinggi dalam kehidupan kebudyaan manusia, yakni sebgai ideology.
Bangsa dan negara Indonesia yang telah menyatakan bahwa ideology dan jatidiri bangsa adalah Pancasila tentulah harus meryjuk segala system dan tatanan kehidupan bangsa kepada Pancasila. Ini telah dibuktikan dengan menuankannya dalam UUD 1945 dan secara perlahan mulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Nama : Sugi Kuswari
NPM : 112070266
Prodi : FKIP Matematika Unswagati
Kelas : 2.i

Jum'at,20 Desember 2013
Pukul 02.34 WIB

Posting Komentar
- See more at: Fytoko Corporation

STATISTIK

Pengunjung

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.UySpcPMO.dpuf