Jumat, 14 Oktober 2011

KABUPATEN CIREBON

Letak Geografi
Kabupaten Cirebon adalah salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk pada tahun 2004 sebanyak 1.958.446 jiwa, dengan luas wilayah 990,36 km2. Disebelah Utara Laut Jawa, di sebelah Barat Laut Kabupaten Indramayu, di sebelah Selatan Kabupaten Kuningan, di sebelah Timur Kabupaten Brebes- Jawa Tengah, di sebelah Barat Daya Kabupaten Majalengka dan mengelilingi Kota Cirebon (terdapat Pelabuhan Laut Besar).
2. Potensi Sumber Daya Alam
Kabupaten Cirebon memiliki potensi sumber daya alam yang meliputi sumber daya mineral yaitu bahan galian golongan C serta sumber daya lahan yang cukup melimpah seperti lahan pertanian tanaman bahan makanan, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan. Berikut ini data mengenai potensi sumber daya alam di Kabupaten Cirebon.
a. Pertanian Tanaman Pangan
Tanaman Pangan yang dimaksud meliputi tanaman bahan makanan, sayuran dan buah-buahan. Sementara tanaman bahan makanan meliputi padi-padian, jagung, umbi-umbian dan kacang-kacangan. Jenis data tanaman pangan disini dirinci menurut luas lahan, luas panen, hasil produksi dan rata-rata produksi perhektar. Luas panen padi ( sawah dan ladang) pada tahun 2002 turun sebesar 5.169 ha atau 5,79% dibandingkan tahun 2001 yaitu dari 89.132 ha menjadi 83.963 ha.
b. Perkebunan
Produksi tanaman perkebunan rakyat dikabupaten Cirebon terdiri dari produksi tanaman kelapa, cengkeh, kopi, kenanga, tebu rakyat, lada, kapuk dan melinjo. Tebu rakyat merupakan perkebunan yang paling besar nilai produksi dan luas lahannya yang tersebar hampir disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Luas panen tebu rakyat tahun 2002 sebesar 6.164 ha mengalami penurunan tetapi produksinya mengalami peningkatan.
c. Perikanan
Prospek perikanan di Kabupaten Cirebon cukup menjanjikan. Hal ini terlihat dari produksi yang cenderung meningkat dari tahun ketahun. Keadaan ini tentunya didukung oleh letak Kabupaten Cirebon yang terletak di Pantai Utara Pulau Jawa. Produksi terbesar pada tahun 2002 diperoleh dari ikan laut yang mencapai 40.168,5 ton yang berarti mengalami kenaikan dari produksi tahun sebelumnya yang tercatat 39.968,7 ton dengan hasil total nilai produksi sebesar Rp. 184.540 juta.
d. Peternakan
Populasi ternak besar (kuda sapi, kerbau) selama tahun 2002 didominasi oleh ternak kerbau hingga mencapai 5.326 ekor. Untuk jenis ternak kecil yaitu ternak domba merupakan jenis ternak dengan populasi terbesar yaitu mencapai 161.143 ekor yang berarti mengalami kenaikan sebesar 0,2% dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 160.829 ekor. Sementara untuk ternak unggas populasi terbanyak selama tahun 2002 adalah ternak ayam kampung sebanyak 1.756.598 ekor, disusul itik sebanyak 354.274 ekor dan ayam potong sebanyak 225.000 ekor
3. Sumber Daya Manusia
– Penduduk usia angkatan kerja sebanyak 78,38%
– IPM rendah ranking 282 dari 424 Kab/Kota
– Daya tarik investasi rangking 115 dari 134 kab/kota (KPPOD)
4. Infrastruktur
• Jalan
Kondisi jalan secara umum belum memadai. Akses jalan di beberapa kecamatan, desa dan pusat-pusat produksi atau lokasi sumber daya alam yang menghubungkan ke daerah-daerah pemasaran atau pelabuhan belum dapat dibangun seluruhnya. Status jalan yang terdapat di Kabupaten Cirebon adalah : 635,09 Km merupakan jalan Kabupaten, 53,25 Km jalan Propinsi dan 83,88 Km jalan Negara. Panjang jalan yang rusak (rusak dan rusak berat) adalah 90,37 Km atau 15,33%.
• Listrik dan Air Bersih.
Listrik disediakan oleh PLTA Jatiluhur, jumlah pemakaian listrik pada tahun 2001 sebesar 501.828.528 Kwh, dengan jumlah pelanggan 134.122 pelanggan, dengan nilai pemakaian Rp.149.090.738.885. Jumlah pelanggan PDAM 19.543 pelanggan, dengan jumlah pemakaian 3.882.696 M³.
• Telekomunikasi.
Fasilitas telekomunikasi dengan Sentral Telepon Otomatis dari yang terpasang telah mampu melayani kebutuhan dasar komunikasi bisnis dan komunikasi lainnya.
• Fasilitas Perdagangan.
Kegiatan pasar terkonsentrasi di Kecamatan Arjawinangun dan Weru/Pleret. Kegiatan industri skala kecil dan menengah sebagian besar terkonsentrasi di Tegalwangi.
5. Keuangan Pemerintah Daerah
Penerimaan Daerah Kabupaten Cirebon tahun 2000/2001 sebesar Rp.367.170.759.000 yang berasal dari sisa perhitungan tahun lalu Rp.8.128.862.000, PAD Rp.20.093.701.000, bagi hasil pajak/bukan pajak Rp.324.133.103.000 serta dari sumbangan dan bantuan Rp.14.815.093.000 sedangkan Pengeluaran sebesar Rp.359.994.422.000.

B. TRENDWATCHING
Trendwatching adalah kegiatan penginderaan atas lingkungan makro dan lingkungan mikro. Lingkungan makro meliputi lingkungan politik dan hukum, ekonomi, sosial budaya dan lain-lain. Lingkungan mikro meliputi lingkungan institusi pemerintahan, institusi publik non pemerintahan dan institusi bisnis.
1. Lingkungan Makro
a) Politik dan Hukum
 UUD 1945 pasal 28 Ayat 2 (dua) menyatakan : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang (+)
 UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang pada intinya mengatur Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKSKPD) yang terintegrasi dengan Perencanaan Nasional. Dalam UU tersebut juga ditetapkan penggunaan tolok ukur kinerja dalam perencanaan. (+)
 UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara yang pada intinya meliputi transparansi fiskal, penggunaan proses akuntansi untuk membuat laporan keuangan, perbendaharaan, dan proses penyusunan APBD.(+)
 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) (+)
 UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No.33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah yang pada intinya meliputi Pemerintah Daerah (Kepala Daerah) yang dipilih langsung; adanya keseimbangan fiskal baik vertikal maupun horisontal melalui transfer pusat. penyusunan dan pelaksanaan APBD secara otonom; peningkatan peran DPRD dan masyarakat dalam perencanaan, penganggaran dan pengawasan pembangunan.(+)
 Kebijakan pemerintah tentang dana kompensasi BBM untuk bidang pendidikan dan keshatan (+)
 Politik hubungan luar negeri Indonesia dengan negara-negara dunia umumnya dan negara-negara kawasan Eropa dan Asia Pasifik khususnya yang kondusif selama ini. (+)
 Adanya kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan tentang standar minimum Ujian akhir Nasional(UAN) (±)
• Penegakan hukum yang masih lemah, tidak adanya tindakan yang tegas terhadap pelaku malpraktek dan malpendidikan (-)
 Peraturan Menteri Kesehatan R.I. No.159b/Men.Kes/Per/II/1988 pasal 25 tentang Rumah Sakit, bahwa rumah sakit pemerintah harus melaksanakan fungsi sosialnya dengan menyediakan fasilitas untuk merawat penderita yang tidak mampu sekurang-kurangnya 75 persen dari kapasitas tempat tidur yang tersedia dan untuk rumah sakit swasta sekurang-kurangnya 25 persen dari kapasitas tempat tidur yang tersedia. (+)
b) Ekonomi
Domestik
 Industri daerah potensinya ada pada industri kecil menengah yang cenderung mengalami peningkatan.
 Industri besar di Kabupaten Cirebon yaitu industri rotan cenderung mengalami penurunan akibat dari kebijakan Pemerintah Pusat memberlakukan larangan ekspor Rotan. Sedangkan Industri Semen mengalami kenaikan.
Nasional
 Praktek KKN masih terjadi pada Birokrasi Pemerintah (-)
 Struktur perekonomian Indonesia yang masih lemah dimana investasi riil cenderung masih kecil, kondisi likuiditas perbankan yang masih jelek, dan hutang luar negeri yang besar. (-)
Global
 Berkembangnya konsep ekonomi new institusional yang lebih menekankan pada pembangunan insitusi daripada pertumbuhan ekonomi.
 Berkembangnya perdagangan global yang menekankan pada core competence produsen dimana mengakibatkan terbentuknya jaringan-jaringan bisnis.
 Tingkat kompetisi global yang tinggi, sehingga menuntut produk harus memiliki nilai lebih bagi konsumen.
 Pasar global yang semakin terbuka dan bebas serta akan berlakunya AFTA (+)
c) Teknologi
 Perkembangan yang pesat pada teknologi dibidang kesehatan. (+)
 Perkembangan teknologi komunikasi, dimana peralatan komunikasi makin interaktif, makin kecil, dan makin multi guna. (+)
 Perkembangan industri berbasis pengetahuan. (+)
 Kondisi infrastruktur teknologi domestik (Kabupaten Cirebon) yang masih rendah. (-)
 Kurangnya sumber daya manusia di Kabupaten Cirebon yang menguasai teknologi maju. (-)
d). Sosial
 Penyebaran Sekolah di Kabupaten Cirebon sudah cukup merata dan proporsional dengan jumlah penduduk secara umum. (+)
 Fasilitas kesehatan di Kabupaten Cirebon sudah cukup memadai. (+)
 Dominasi agama dalam kehidupan sosial sangat tinggi. (+)
 Masuknya pengaruh budaya asing seperti pergaulan bebas, penggunaan narkoba dan minuman keras dalam kehidupan masyarakat (-)
 Tingkat pendidikan rata-rata masih rendah dibandingkan dengan daerah lain dipropinsi Jawa Barat bahkan sangat jauh dibawah standar nasional. (-)
2. Lingkungan Mikro
a) Institusi Pemerintahan
 Birokrasi pemerintahan yang masih berbelit-belit, menekankan pada pengendalian input dan proses bukan hasil, dan tidak kompetitif. (-)
 Kualitas SDM pemerintahan yang rendah terutama dalam bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan. (-)
 Kemampuan keuangan Pemerintahan Daerah yang masih kurang dalam mendukung peningkatan / perkembangan Pendidikan dan Kesehatan. (-)
 Pemanfaatan teknologi informasi untuk kesehatan & pendidikan belum optimal.(-)
b). Institusi publik non Pemerintahan
 Peran LSM yang makin meningkat. (+)
 Peran swasta dalam pembangunan yang mendukung terselenggaranya Pendidikan. (+)
 Peran swasta dalam pembangunan sarana Kesehatan. (+)
 Meningkatnya peran institusi-institusi agama dalam bidang pendidikan dalam penyusunan kebijakan pemerintah dan monitoring aktivitas pemerintah. (+)
c. Institusi Bisnis
 Lingkungan bisnis domestik tidak kompetitif, tergantung pada proteksi pemerintah,
 Kegiatan Industri Kabupaten Cirebon masih tergantung pada sumber daya dari daerah lain.
 Value added, industri hilir belum berkembang.
 Perkembangan teknologi komunikasi dan jaringan yang makin meningkat.

C. SWOT ANALYSIS & ENVISIONING
Swot Analysis
• Peluang
• Jalur lintasan kereta api, lintasan jalan raya, (jalur Jakarta- Surabaya dan Jakarta –Yogyakarta) Pantai Utara Pulau Jawa yang menjadi sarana transportasi masyarakat.
• Pelabuhan Laut Besar yang menghubungkan transportasi laut nasional maupun internasional.
• Ancaman
• Perkembangan teknologi informasi dan industri yang pesat.
• Transaksi bisnis lebih besar diserap oleh Kota Cirebon karena terdapat infrastruktur yang lebih baik seperti jalan raya, air bersih, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, hotel berbintang.
• Kekuatan
• Potensi sumber daya mineral (gunung kapur Palimanan sebagai bahan baku semen).
• Terdapat industri besar seperti industri rotan dan semen.
• Kelemahan
• IPM rendah rangking 282 dari 424 kabupaten/kota
• Penduduk usia angkatan kerja sebanyak 78,38%
• Daya tarik investasi rangking 115 dari 134 kab/kota (KPPO)
Dari analisis peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan di atas dapat dirumuskan misi, visi, keyakinan dasar dan nilai dasar dimana misi berfungsi sebagai fokus dan pemberi makna atas kehidupan kerja, visi berfungsi sebagai pengarah perjalanan ke masa depan, keyakinan dasar berfungsi sebagai pemacu semangat dalam perjalanan untuk mewujudkan visi dan nilai dasar berfungsi sebagai pembatas dalam pengambilan keputusan selama perjalanan menuju ke masa depan.
Envisioning adalah kegiatan untuk menggambarkan kondisi masa depan organisasi yang akan diwujudkan agar sejalan dengan trend perubahan lingkungan bisnis. Dalam envisioning dilakukan penetapan bisnis dan strategi untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang selanjutnya ditetapkan visi, misi, keyakinan dasar dan nilai-nilai dasar organisasi.


Adapun Misi, Visi, Nilai Dasar dan Keyakinan Dasar Kabupaten Cirebon dapat dirumuskan sebagai berikut :
Misi
 Menyediakan infrastruktur dan suprastruktur bidang kesehatan dan pendidikan yang berkualitas melalui kompetensi dan komitmen sumberdaya manusia.
Visi
 Terwujudnya masyarakat Kabupaten Cirebon yang sehat dan cerdas tahun 2010.
Tujuan
 Sumber daya manusia yang kompeten dan komitmen

Keyakinan Dasar
 Customer Value
 Continuous improvement
 Cross-functional team
Nilai Dasar
 Kejujuran
 Integritas
 Akuntabilitas

D. PEMILIHAN STRATEGI
Setelah misi, visi, tujuan, keyakinan dasar dan nilai dasar dirumuskan, maka langkah selanjutnya disusun berbagai sasaran strategik melalui TOWS Matrix sebagai berikut :
Posisi yang strategis sebagai berikut:
a. Terdapat jalur lintasan kereta api, lintasan jalan raya (jalur Jakarta- Surabaya dan Jakarta –Yogjakarta) Pantai Utara Pulau Jawa.
b. Di sebelah Utara Laut Jawa, di sebelah Barat Laut Kab. Indramayu, di sebelah Selatan Kab.Kuningan, di sebelah Timur Kab. Brebes-Jawa Tengah, di sebelah Barat Daya Kab.Majalengka dan mengelilingi Kota Cirebon yang terdapat Pelabuhan Laut Besar.


Tows Matrix
Kekuatan (S) Kelemahan (W)
• Potensi sumber daya mineral (gunung kapur Palimanan sebagai bahan baku semen).
• Adanya beberapa Industri besar seperti industri rotan dan semen.

• IPM rendah rangking 282 dari 424 kabupaten/kota
• Daya tarik investasi rangking 115 dari 134 kab/kota (KPPOD)
• Penduduk usia angkatan kerja sebanyak 78,38 % (1.535.187 jiwa dari 1.958.446)

Peluang (O) Strategi SO Strategi WO
Posisi yang strategis sebagai berikut:

• Terdapat jalur lintasan kereta api, lintasan jalan raya (jalur Jakarta- Surabaya dan Jakarta –Yogyakarta) Pantai Utara Pulau Jawa.
• Disebelah Utara Laut Jawa, di sebelah Barat Laut Kab. Indramayu, di sebelah Selatan Kab.Kuningan, di sebelah Timur Kab. Brebes-Jawa Tengah, di sebelah Barat Daya Kab. Majalengka dan mengelilingi Kota Cirebon yang terdapat Pelabuhan Laut Besar.
• Peningkatan infrastruktur (jalan dan transportasi, telkom, listrik) untuk mendukung industri besar
• Meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan
• Peningkatan sarana & prasarana kesehatan dan pendidikan
• Peningkatan daya tarik investasi (kelembagaan, sospol, tenaga kerja, ekonomi daerah dan infrastruktur fisik)

Ancaman (T) Strategi ST Strategi WT
• Transaksi bisnis lebih besar diserap oleh Kota Cirebon karena terdapat infrastruktur yang lebih baik seperti jalan raya, air bersih, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, hotel berbintang.
• Pesatnya perkembangan tehnologi informasi dan industri.
• Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang handal dan terintegrasi
• Mengembangkan pusat perdagangan
• Peningkatan kualitas promosi dan pelayanan masyarakat
• Peningkatan penguasaan teknologi informasi

Strategi
Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan daya beli, dengan cara :
a. Value based
b. Partnership
c. Inovasi
d. Low Cost
e. Speed

4 comments

12 Januari 2020 pukul 15.40

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

24 Februari 2021 pukul 09.45

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang mengenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya 800 juta
perusahaan investasi pinjaman christael Missan
Instagram: Christabel Missan
email: Christabelloancompany@gmail.com
Nomor Whatsapp +15614916019 Atau +13108626660

Saya Miluliua lius dari Indonesia, saya menggunakan Covid-19 Virus kali ini untuk memperingatkan semua kolega, saudari dan saudara lelaki saya di Indonesia. Yang mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan kepada Anda pinjaman asli adalah RIKA ANDERSON PINJAMAN PERUSAHAAN.

Saya mendapat pinjaman dari mereka pada bulan April 2020 ini. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 4 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi ibu RIKA ANDERSON mengembalikan impian saya. Ini adalah alamat email asli mereka:

www.rikaandersonloancompany.com
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
Jalur Kantor: +1(929)526-0086

Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran.
Email: Miluliualius@gmail.com
WA: 082235421239

23 September 2021 pukul 20.18

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Posting Komentar
- See more at: Fytoko Corporation

STATISTIK

Pengunjung

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.UySpcPMO.dpuf