Minggu, 16 Oktober 2011

KEPEMIMPINAN ====Nurudin Siraj

1. Definisi Kepemimpinan
Terdapat banyak definsi tentang kepemimpinan. Secara garis besar konsep kepemimpinan dapat dibagi menjadi tiga : a) kepemimpinan sebagai proses; b) kepemimpinan melibatkan pengaruh; c) kepemimpinan terjadi dalam kelompok; dan d) kepemimpinan melibatkan pencapaian tujuan. Kepemimpinan sebagai proses diartikan bahwa bukan karakteristik yang menjadi ciri pemimpin, tapi proses transasional yang terjadi antara pemimpin dan pengikutnya. Kepemimpinan melibatkan pengaruh diartikan bahwa kepemimpinan berhubungan dengan bagaimana pemimpin mempengaruhi pengikutnya. Kepemimpinan terjadi pada kelompok diartikan bahwa pemimpin mempengaruhi sekelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama. Kepemimpinan melibatkan pencapaian tujuan diartikan sebagai pemimpin berhubungan dengan mengarahkan sekelompok orang untuk menyelesaikan sejumlah tugas atau tujuan. Dalam hubungan dengan itu, kepemimpinan kemudian didefinisikan sebagai proses dimana seseorang mempengaruhi sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama (Northouse, 1997:3).
Kepemimpinan juga didefinisikan sebagai interaksi antara anggota suatu kelompok. Pemimpin adalah agen perubahan, seseorang yang tindakannya berpengaruh pada orang lain lebih dari pengaruh tindakan orang lain pada dirinya. Kepemimpinan terjadi ketika satu anggota suatu kelompok memodifikasi motivasi atau kompetensi orang lain dalam kelompok tersebut. Definisi ini berarti bahwa kepemimpinan melibatkan penggunaan pengaruh dan semua hubungan interpersonal dapat melibatkan kepemimpinan. Elemen lain dalam definisi tersebut adalah pentingnya menjadi agen perubahan, yaitu kemampuan untuk mempengaruhi perilaku dan kinerja pengikut. Terakhir, definisi tersebut fokus pada pencapaian tujuan. Pemimpin yang efektif berhubungan dengan individu, kelompok, dan tujuan organisasi.(Gibson, 2003:299)
Nanus and Dobbs mengutip beberapa definisi kepemimpinan sebagai berikut : 1) kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau contoh dimana individu mendorong suatu kelompok untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh pemimpin atau oleh pemimpin dan pengikutnya (John W. Gardner); 2) Pemimpin adalah orang yang mengetahui apa yang dibutuhkan dan apa yang benar dan tahu bagaimana memobilisasi orang dan sumberdaya untuk mencapai tujuan bersama (Thomas E. Cronin); 3) Pemimpin adalah seseorang yang mempengaruhi pemikiran, perilaku dan perasaaan orang lain secara signifikan (Howard gardner) (Nanus dan Dobbs, 1999:7).
Menurut Koehler, Anatol, dan Applbaum, kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan seorang individu atau suatu kelompok dalam upaya ke arah pencapaian tujuan dalam situasi tertentu (Koehler, Anatol dan Applbaum, 1981:64). Robbins mendefinisikan kepemimpinan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok dan mengarahkannya untuk mencapai tujuan tertentu (Robbin, 1996:347). Sehingga kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi sekaligus mengarahkan untuk mencapai tujuan. Sehingga seorang pemimpin haruslah orang yang berpengaruh dan memiliki pengetahuan yang cukup untuk mampu mengarahkan anggotanya.
Selanjutnya Griffin menjelaskan, bahwa kepemimpinan dapat dilakukan dari dua sudut pandang, yaitu: (1) sudut proses, yang berarti penggunaan pengaruh yang tidak memiliki kekuasaan memberikan sanksi untuk membentuk tujuan kelompok-kelompok atau organisasi, mengarahkan perilaku mereka untuk mencapai tujuan, dan membantu menciptakan budaya kelompok atau organisasi; dan (2) sudut sifat yang dimiliki, yang diartikan sebagai seperangkat ciri-ciri yang menjadi atribut seseorang yang dipersepsikan sebagai seorang pemimpin.(Griffin, 1990:504-505)

2. Peran Kepemimpinan
Dalam hal peran kepemimpinan atau dapat disebut juga peran manajer, tokoh yang paling kompeten adalah Henry Mintzberg. Menurut Mintzberg, terdapat 3 peranan utama yang dimainkan oleh setiap pemimpin atau pimpinan. Dari 3 peranan utama ini kemudian olehnya diperinci menjadi 10 peranan (Mintzberg, 1989:15-21). Peran pemimpin tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Peranan antar pribadi (interpersonal role)
Aktivitas-aktivitas yang sering dilakukan dalam peranan ini antara lain kegiatan-kegiatan seremonial sehubungan dengan jabatan yang melekat pada pemimpin. Status menghendaki pemimpin harus mau menerima undangan-undangan, mendatangi upacara-upacara, dan lain yang bersifat seremonial. Karena pemimpin mempunyai jabatan yang tinggi maka eksesnya pemimpin tersebut harus selalu mengadakan kontak tertentu pada pihak-pihak luar. Peranan ini oleh Mintzberg dibagi atas tiga peranan yang merupakan perincian lebih lanjut dari peranan pribadi ini. Tiga peranan itu antara lain:

a) Peranan sebagai Figurehead.
Sebagai konsekuensi atas otoritas formalnya, pemimpin harus melakukan tugas-tugas simbolik. Tugas ini harus dilakukan meski tidak terlalu relevan dengan tugas-tugas kepemimpinan (Yukl , 2005:30). Dalam posisinya sebagai pemimpin organisasi, setiap pemimpin harus melakukan tugas-tugas yang bersifat seremonial. Peranan ini dilakukan untuk mewakili organisasi yang dipimpinnya di dalam setiap kesempatan dan persoalan yang timbul secara formal.
b) Peranan sebagai pemimpin (leader)
Dalam peranan ini pemimpin melakukan tugas-tugas kepemimpinan. Ia melakukan hubungan interpersonal dengan yang dipimpin, melakukan fungsi-fungsi memimpin, memotivasi, mengembangkan dan mengendalikan. Dalam organisasi informal biasanya, pemimpin diikuti karena mempunyai kekuasaan, kharismatik atau kekuasaan fisik. Adapun dalam organisasi formal, pemimpin yang diangkat dari atas, maka pemimpin seperti ini seringkali tergantung akan kekuasaan yang melekat pada jabatannya tersebut.
c) Peranan pejabat perantara (liaison role)
Di sini pemimpin melakukan peranan yang berinteraksi dengan teman sejawat, staf dan orang-orang lain yang berada diluar organisasinya, untuk mendapatkan informasi. Oleh karena organisasi tidak berdiri sendiri, maka pemimpin meletakkan peranan liaison dengan cara banyak berhubungan dengan sejumlah individu atau kelompok-kelompok tertentu yang berada diluar organisasinya. Human’s menyebut peranan seperti ini sebagai hubungan pertukaran (exchange relationship) yakni pemimpin memberikan sesuatu agar mendapatkan sesuatu pula.



2. Peranan informasional (informational role)
Peranan interpersonal meletakkan pemimpin pada posisi yang unik dalam hal mendapatkan informasi. Hubungan-hubungan keluar membawa padanya mendapatkan informasi yang spesial dari lingkungan luarnya, dan kegiatan-kegiatan kepemimpinan membuat pemimpin sebagai pusat informasi bagi organisasinya. Oleh karena itu sebagai kelanjutan dari peranan interpersonal di atas Mintzberg merancang peranan kedua yakni yang berhubungan dengan informasi. Peranan itu terdiri dari peranan-peranan sebagai berikut:
a). Peranan monitor,
Peranan ini mengidentifikasikan seorang pemimpin sebagai penerima dan pengumpul informasi agar supaya ia mampu untuk mengembangkan suatu perhatian yang baik dari organisasi yang dipimpinnya, dan mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang lingkungannya. Pemimpin mencari informasi itu agar ia mampu untuk menyerap perubahan-perubahan, mengidentifikasikan persoalan-persoalan dan kesempatan-kesempatan yang ada, untuk membangun pengetahuannya tentang lingkungannya menjadi tahu kapan suatu informasi harus diberikan untuk keperluan pembuatan keputusan. Informasi yang diterima oleh pemimpin ini dapat dikelompokkan atas lima katagori berikut ini (Thoha, 1986:14-16): 1) Internal operations, 2) Peristiwa-peristiwa di luar organisasi (external event), 3) Informasi dari hasil analisis, 4) Buah pikiran dan kecenderungan, 5) Tekanan-tekanan.
b). Peran disseminator
Peranan ini mengharuskan pemimpin untuk melakukan proses transmisi informasi-informasi ke dalam organisasi yang dipimpinnya. Ia melakukan penyampaian informasi yang berasal dari luar ke dalam organisasinya, dan informasi yang berasal dari bawahan atau stafnya kebawah atau staf lainnya.
c). Peranan juru bicara (spokesman)
Peranan ini dimainkan pemimpin untuk menyampaikan informasi keluar lingkungan organisasinya. Bedanya dengan disseminator ialah spokesman ini pemberian informasinya keluar, untuk lingkungannya, sedangkan disseminator hanya ke dalam organisasi.

3. Peranan pembuat keputusan (Decisional role)
Peranan ini membuat pemimpin harus terlibat dalam suatu proses pembuatan strategi di dalam organisasi yang dipimpinnya. Proses pembuatan strategi ini secara sederhana dinamakan sebagai suatu proses yang menjadikan keputusan-keputusan organisasi dibuat secara signifikan dan berhubungan. Peranan pembuatan keputusan oleh pemimpin merupakan peranan yang tidak boleh tidak harus dijalankan, lagi pula peranan ini yang dapat membedakan antara pemimpin dengan pelaksana. Menurut sebagian orang pemimpin justru dibayar mahal adalah untuk membuat keputusan ini. Ada empat peranan pemimpin yang dikelompokkan ke dalam pembuatan keputusan, yaitu :
a) Peranan sebagai entrepreneur,
Dalam peranan ini, pemimpin melakukan usaha untuk meningkatkan organisasi dan mengadaptasinya untuk mengubah kondisi dalam organisasi. Walaupun istilah entrepreneur dipinjam dari ahli-ahli ekonomi, istilah itu oleh Mintzberg diberikan arti yang luas dalam hubungannya dengan peranan pembuatan keputusan ini, kalau ahli ekonomi cenderung memusatkan pada pekerjaan-pekerjaan awal dari organisasi baru, maka Mintzberg memusatkan pada semua pekerjaan-pekerjaan managerial yang dihubungkan dengan perubahan-perubahan yang sistematis dalam organisasi yang sedang berjalan termasuk pula organisasi baru.
b) Peranan sebagai penghalau gangguan (disturbance handler),
Peranan ini menunjukkan bagaimana pemimpin merespon berbagai tekanan dan gangguan. Gangguan muncul tidak hanya karena pemimpin yang buruk mengabaikan situasi sampai mereka menemukan jalan keluar, tapi juga karena pemimpin yang baik tidak dapat mengantisipasi semua konsekuensi dari tindakan yang dilakukan (Mintzberg, 1989:20)
c) Peranan pembagi sumber daya (resource allocator)
Pemimpin bertanggung jawab untuk memutuskan siapa mendapat apa dalam organisasi. Sumber daya yang paling penting adalah waktu, yaitu bagaimana pemimpin membagi waktunya dalam mengelola organisasi. Pemimpin juga bertugas untuk mendesain struktur organisasi, pola hubungan yang menentukan bagaimana pekerjaan dibagi dan dikoordinasikan (Mintzberg, 1989:20-21)

d) Peranan sebagai negosiator
Peranan ini menjadikan pemimpin untuk aktif berpartisipasi dalam arena negoisasi. Dari waktu ke waktu organisasi akan mendapatkan dirinya selalu terlibat dalam kancah negoisasi ini dengan pihak-pihak lain di luar organisasi, ataupun dengan para individu di dalam organisasinya. Dalam keadaan seperti ini pemimpin bertindak sebagai pimpinan kontigennya untuk membicarakan segala perkara yang diagendakan dalam negoisasi tersebut. Proses seperti ini meminta pemimpin untuk menyusun strategi yang menguntungkan organisasinya, dan pada gilirannya pengambilan keputusan adalah suatu aktivitas yang tidak bisa dihindari olehnya (Mintzberg, 1989:21).


3. Gaya Kepemimpinan
Dua hal penting dalam membahas kepemimpinan, yaitu: fungsi kepemimpinan dan gaya kepemimpinan. Fungsi kepemimpinan mencakup fungsi pemecahan masalah yang bertalian dengan tugas, dan fungsi sosial atau pembinaan (Stoner dan Wankel, 1992:826) ada berarti cara, pola dan karakteristik atau metode bertindak atau melakukan sesuatu (Komarudin, 1994:826). Gaya kepemimpinan merupakan pola perilaku yang digunakan oleh pemimpin dalam usaha mempengaruhi anggota kelompok untuk mencapai tujuan. Gaya yang digunakan seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya memusatkan perhatian pada dua gaya kepemimpinan, yaitu gaya berorientasi pada tugas dan gaya berorientasi pada karyawan. Pemimpin yang berorientasi pada tugas mengarahkan dan mengawasi bawahan secara ketat untuk menjamin agar tugas dilaksanakan secara memuaskan. Pemimpin yang berorientasi pada karyawan berusaha lebih memotivasi daripada mensupervisi. Mereka mendorong anggota kelompok untuk melaksanakan tugas dengan membiarkan anggota kelompok berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi mereka dan dengan membina hubungan yang akrab, penuh kepercayaan dan penuh penghargaan pada anggota.(Stoner dan Wankel, 1992:46-47)
Berdasarkan kajian Universitas Iowa, dijajaki gaya kepemimpinan Laizez Faire, demokratis dan otokratis atau otoriter (Hersey dan Blanchard, 1997: 178). Gaya kepemimpinan Laizez Faire atau gaya kendali bebas cenderung memberi kebebasan penuh kepada kelompok untuk membuat keputusan-keputusan dan menyelesaikan pekerjaan dengan cara apa saja yang mereka anggap sesuai. Seorang pemimpin berfungsi sebagai penghubung antara sumber luar dan kelompok. Gaya kepemimpinan demokratis menggambarkan seorang atasan cenderung melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, mendelegasikan otoritas, mendorong keikutsertaan dalam menentukan sasaran dan metode kerja dan menggunakan umpan balik sebagai peluang untuk melatih bawahan. Gaya kepemimpinan demokratis sering disebut sebagai gaya kepemimpinan partisipatif. Gaya otokratis atau otoriter melukiskan seorang atasan cenderung memusatkan pada dirinya, mendiktekan metode kerja, membuat keputusan sepihak dan membatasi keikutsertaan bawahan. Dari ketiga gaya kepemimpinan hasil kajian ini, gaya kepemimpinan demokratis cenderung dapat meningkatkan kuantitas maupun kualitas kerja. Seorang pemimpin setidaknya dituntut memiliki keterampilan manajemen, yaitu: keterampilan teknis, manusiawi, dan konseptual. Keterampilan teknis meliputi keterampilan dalam menerapkan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki. Keterampilan manusiawi meliputi kemampuan bekerjasama, memahami dan memotivasi orang lain, baik perorangan maupun kelompok. Sedangkan keterampilan konseptual berkaitan dengan kemampuan mental menganalisis dan mendiagnosis situasi yang rumit, misalnya dalam pengambilan keputusan (Robbin, 1996:5).
Agar dapat berhasil menjalankan kepemimpinan, seorang pemimpin setidaknya harus memiliki tiga kompetensi dasar, yakni: (1) mendiagnosis, (2) mengadaptasi, dan (3) mengkomunikasikan. Kompetensi diagnosis merupakan kemampuan kognitif yang dapat memahami situasi saat sekarang dan apa yang diharapkan pada masa yang akan datang; kompetensi mengadaptasi adalah kemampuan seseorang menyesuaikan perilakunya dengan lingkungannya sedangkan kompetensi mengkomunikasikan terkait dengan kemampuan seseorang dalam menyampaikan pesan-pesannya agar dapat dipahami orang lain dengan baik dan jelas (Robbin, 1996:6). Dapat dinyatakan keberhasilan pemimpin dapat dilihat melalui orientasi pemimpin terhadap kualitas bawahan, seperti: apakah pemimpin meningkatkan rasa kebersamaan kelompok, motivasi kelompok, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, pemecahan konflik antar kelompok.
Untuk masa yang akan datang seorang pemimpin penting memiliki visi yang jelas dan mampu mengkomunikasikan visi itu agar dapat dilaksanakan dengan baik, seperti: (1) memimpin dengan visi yang jelas; (2) memimpin dengan keteladanan; (3) seorang komunikator yang terampil; (4) mampu memenangkan kepercayaan para pengikutnya; (5) tenang menghadapi situasi-situasi yang sulit; (6) mampu mengundang ketidaksepahaman secara konstruktif; (7) tampil dengan citra profesional (8) mampu membuat masalah yang rumit jadi sederhana; (9) mampu bekerja dan membangun keberhasilan bersama tim; (10) senang membantu orang lain agar dapat berhasil; (11) seorang pelaku sukses yang sejati; (12) seorang yang menghindari untuk terlibat politik praktis dan tidak menerapkan favoritisme (Sinamo, 2000:146-151).
Dalam model yang dikembangkan oleh Hersey dan Blanchard di Centre for Leadership Studies, digunakan istilah-istilah perilaku tugas dan perilaku hubungan untuk menggambarkan konsep-konsep yang serupa dengan konsiderasi dan struktur inisiasi dari studi studi Universitas Ohio. Ke empat perilaku pemimpin yang utama diberi label berikut : (1) tugas tinggi dan hubungan rendah; (2) tugas tinggi dan hubungan tinggi; (3) hubungan tinggi dan tugas rendah; (4) hubungan rendah dan tugas rendah. (Hersey dan Blanchard, 1988:113-114) Keempat gaya pokok pemimpin tersebut secara esensial menggambarkan gaya kepemimpinan yang berbeda. Gaya kepemimpinan dalam hal ini adalah pola perilaku yang diperlihatkan orang pada saat mempengaruhi aktivitas orang lain seperti yang dipersepsikan orang lain.
Pemimpin yang efektif akan mampu menjembatani kesenjangan antara tujuan individual dan tujuan organisasi. Hal ini bisa dicapai apabila pemimpin mampu menciptakan loyalitas para pengikutnya. Dalam mencapai efektivitas organisasi, diawali dengan efektivitas individu, efektivitas kelompok, dan selanjutnya tercapai efektivitas organisasi (Gibson, Donelly, Ivancevick, 1997:14-15)
Universitas Ohio menelaah perilaku kepemimpinan, yaitu: struktur pemrakarsaan (berorientasi pada tugas) dan pertimbangan (berorientasi pada karyawan). Ditemukan bahwa perputaran karyawan paling rendah dan tingkat kepuasan paling tinggi di bawah pemimpin yang dinilai tinggi dalam pertimbangan. Sebaliknya pemimpin yang dinilai rendah dalam pertimbangan dan tinggi dalam pemrakarsa mengalami tingkat keluhan dan tingkat perputaran yang tinggi di kalangan bawahan (Stoner dan Wankel, 1986:45).
Di Universitas Michigan ditemukan bahwa kelompok kerja yang paling produktif cenderung mempunyai pemimpin yang lebih berorientasi pada karyawan daripada yang berorientasi pada produksi. Pemimpin yang berorientasi pada produksi menetapkan standar kerja yang kaku, mengorganisasikan tugas sampai ke hal yang sekecil-kecilnya. Menentukan metode yang harus diikuti, dan mensupervisi secara ketat bawahannya. Pemimpin yang berorientasi pada karyawan mendorong bawahan dalam menentukan tujuan serta membantu menjamin prestasi yang tinggi dengan membangkitkan kepercayaan dan hormat. (Stoner dan Wankel,1986:48).
Fungsi yang diperankan oleh seorang pemimpin yang tidak hanya berfungsi sebagai perancang kriteria kinerja bawahan, tetapi juga berfungsi sebagai: (1) Penentu Arah; (2) Wakil dan Juru Bicara Organisasi, (3) Komunikator, (4) Mediator, dan (5) Integrator.(Siagian, 1999: 48-70) Fungsi kepemimpinan penentu arah berarti pemimpin harus mampu menentukan program, menggali gagasan, dan mengambil keputusan yang dapat dijadikan pedoman oleh bawahan. Keputusan tersebut merupakan arah yang akan dicapai oleh setiap individu dalam organisasi. Jika keputusan pemimpin tidak ada, maka para bawahan akan kehilangan orientasi yang pada gilirannya dapat menghancurkan eksistensi kepemimpinan tersebut.

104 comments

19 Oktober 2011 pukul 10.27

saya Hari Ramdani dari kelas 1 B FKIP jur Ekonomi sudah mengkopi definisi kepemimpinan dan manajemen. terimakasih.

19 Oktober 2011 pukul 17.51

Saya Heryanto Pratama dari kelas 1B FKIP Ekonomi. Terimakasih atas teori yang bapak kemukakan, saya harap bapak dapat berbagi lebih banyak teori lagi yang bermanfaat.

19 Oktober 2011 pukul 18.50

assalamualaikum ...
saya noviyatul jannah dari kelas 1B FKIP jurusan ekonomi TK 1
makasih pak .. berkat karya tulis yang bapak posting saya bisa memperoleh pengetahuan tentang kepemimpinan.

19 Oktober 2011 pukul 20.04

saya Evy Sulistyaningtyas dari kelas 1B FKIP jurusan ekonomi.
terima makasih pak atas karya tulis yang bapak, saya bisa memperoleh pengetahuan tentang kepemimpinan :)

19 Oktober 2011 pukul 20.51

asalamualaikum wr.wb
saya nur azizah dari 1B
npm: 111080022
fkip ekomomi
terimakasih atas semua teori2nya,, sehingga saya bisa mengerti tentang kepemimpinan ,....
teruslah berkaryaa pak,...
sukses selalu :)
waasalamm..... :)

20 Oktober 2011 pukul 21.07

saya Ryan Abdul Kholik dari kelas 1B FKIP EKONOMI telah memenuhi tugas dari bapak. Terimakasih atas ilmu yang bapak sampaikan.

22 Oktober 2011 pukul 15.49

assalamualaikum..
bapak saya nurhadijah dari kelas 1B FKIP jurusan ekonomi
terima kasih pak , berkat karya tulis bapak posting saya bisa memperoleh pengetahuan tentang kepemimpinan.

23 Oktober 2011 pukul 14.47

assalamualaikum,ini endah dari kelas 1B FKIP EKONOMI.terimakasih atas teori yang bapak berikan semoga bermanfaat bagi kita semua yang membaca nya

23 Oktober 2011 pukul 15.23

assalamualaikum pak saya hardian nugraha mahasiswa unswagati kelas 1a prodi pendidikan ekonomi, terimakasih sebelumnya atas postingan bapak yang bermanfaat ini. pak saya ingin sedikit bertanya maksud dari postingan bapak "seorang pemimpin setidaknya harus memiliki tiga kompetensi dasar, yakni: (1) mendiagnosis, (2) mengadaptasi, dan (3) mengkomunikasikan" maksud dari pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mendiagnosis dan mengadaptasi itu seperti apa ya pak ? terimakasih sebelumnya kurang lebihnya saya mohon maaf :) berkarya terus ya pak

23 Oktober 2011 pukul 16.48

saya indriyani rahman kelas 1b juerusan ekonomi...
*banyak definisi tentang kepemimpinan, dan salah satunya postingan bapak....semoga postingan ini bermanfaat bagi orang lain....termasuk diri saya sendiri...paling tidak ini membantu saya dalam meningkatkan wawasan saya...
sebelum dan sesudahnya terimakasih.

23 Oktober 2011 pukul 16.53

Saya Indriyani Rahman, kelas 1b jurusan ekonomi...
sebelumnya terimakasih....karena telah berbagi pengtahuan bapak dengan postingan ini...dengan postingan bapak ini...saya dapat meningkatkan wawasan saya secara pribadi dan Public pada umumnya.

24 Oktober 2011 pukul 09.16

assalamualaikum wr wb
saya M muslim Hidayat Kelas 1 B FKIP ekonomi Mengucapkan Terima kasih

24 Oktober 2011 pukul 10.56

assalamualaikum.wr.wb...
Saya Dian suprapti kelas 1.b prodi ekonomi..
dalam teori ini saya menjadi lebih mudh untuk memahami teori kepemimpinan..
terima kasih bapak...

24 Oktober 2011 pukul 10.56

assalamualaikum...
bapak ini nurazizah dari kelas 1B FKIP jurusan ekonomi.
terima kasih.

24 Oktober 2011 pukul 11.06

assalamualaikum wr.wb
saya sarniti dari FKIP.Ekonomi, ingin mengucapkan terima kasih atas pemberian materi tentang kepemimpinan sehingga saya dpat mengetahuinya...

24 Oktober 2011 pukul 11.10

assalamualaikum..
saya rina parisyana dari kelas 1.b fkip ekonomi
terimakasih bayak atas teori kepemimpinan dari bapak,sekarang saya bisa belajar tentang apa arti dari kepemimpinan tersebut....

24 Oktober 2011 pukul 11.11

assalamualaikum,
pa ini ayu marlianti 1B FKIP jurusan ekonomi,
makasih pa materinya sangat berguna..

24 Oktober 2011 pukul 11.17

assalamualaikum........
saya rina parisyana dari kelas 1b fkip ekonomi...
terimakasih banyak atas teori kepemimpinan dari bapak sekarang saya bisa belajar apa arti dari kepemimpinan itu sendiri..

24 Oktober 2011 pukul 11.17

saya meri anggraheni kelas 1B FKIP Jurusan EKONOMI.sudah melihat blog bapak.terimakasih

24 Oktober 2011 pukul 11.25

assalamualaikum,
pa saya Durati kelas 1B,
makasih materinya pa, sangat berguna buat saya..

24 Oktober 2011 pukul 11.27

bapak sarniti tadi lupa nyantumin kelasnya,,
sarniti dari kelas 1B FKIP. ekonomi

24 Oktober 2011 pukul 11.38

assalamualikum wr. wb
saya Fadhillah Ramadaniar dari kelas 1b Fkip ekonomi.
saya ucapkan terima kasih atas karya bapak, karena dapat membantu saya untuk mendapatkan materi kepemimpinan

24 Oktober 2011 pukul 11.48

Assalamualikum....
Pak,neh saya Eko Wahyu Rohadi dari kels 1B FKIP ekonomi.
Pak makasih untuk postinganya tentang kepemimpinanyan :).
Saya harap lain waktu bisa memposting hal- hal yang bermanfaat lagi bagi pengetahuan saya.
:)

24 Oktober 2011 pukul 12.16

Assalamu'alaikum
Bapak saya Mochamad Setiyadi Hardiyana kelas 1B FKIP Jurusan Ekonomi Setelah saya baca hasil karya bapak bagus dan Semoga bermanfaat bagi kita sumua.
Terima Kasih.
Wassalamu'alaikum.

24 Oktober 2011 pukul 12.56

saya Nurcholis dari kelas 1B FKIP EKONOMI telah memenuhi tugas dari bapak. Terimakasih atas ilmu yang bapak sampaikan.

24 Oktober 2011 pukul 14.55

Saya Anes Nurindah
NPM : 111080117
Pend.Ekonomi ( 1B )

Terimakasih atas teorinya, saya sudah mengutip materi tentang definisi manajemen dan kepemimpinan.

24 Oktober 2011 pukul 15.13

Assalamualaikum pa.
saya RESTY CAHYANI
kelas 1B / FKIP EKONOMI
sudah mengunduh tulisan bapak.
trimakasih pa.

25 Oktober 2011 pukul 01.05

Assalamu'alaikum wr. wb
saya agung sutikno dari kelas 1B FKIP
saya berterima kasih karena saya mengkopi wacananya dari bapak.

25 Oktober 2011 pukul 11.51

saya nurul azminah
npm 111080084
kelas 1.b
fkip ekonomi
saya sudah mengkopy ny pak .
terimakasih

25 Oktober 2011 pukul 11.52

saya nurul azminah
npm 111080084
kelas 1.b
fkip ekonomi
saya sudah mengkopy ny pak .
terimakasih

25 Oktober 2011 pukul 18.37

ya untuk semua mahasiswa fkip unswagati yang sudah mendownlod tulisan tulisan di blog saya semoga bermanfaat dan berkah
salam warakhmah
'alan Nabi waalih.solawat

25 Oktober 2011 pukul 18.49

pak, ini ade lukman FKIP Ekonomi 1B.
terima kasih pa, materinya sangat berguna.... semoga bisa bermanfaat bagi saya dan kita semua... amin.....
Terima kasih

26 Oktober 2011 pukul 11.29

Assalamualiakum bapa ,
saya Dien Endang Ayu Sejati
kelas 1A Pendidikan Ekonomi
bapa materi nya sangat bermanfaat bagi saya .Terima Kasih

26 Oktober 2011 pukul 19.09

assalamualaikum wr wb .
bapak ini Lulu Rahayu dari kelas 1A Prodi Pendidikan Ekonomi . Makasih pa buat blognya, sangat bermanfaat, dapat membantu dalam pencarian teori khususnya tentang manajemen :)

26 Oktober 2011 pukul 19.26

saya ENI RATIMI KELAS 1A FKIP EKONOMI terimah ksih atasilmunya pak, saya harap bapak dapat berbagi lebih banyak ilmu lagi... kepada kami.

26 Oktober 2011 pukul 19.29

saya ENI RATIMI 1A FKIP EKONOMI, Terimah kasih atas ilmunya pak,, sya harap bapak dapat bebbagi ilmu lagi kepada kita...

26 Oktober 2011 pukul 20.34

assalamualaikum
bapak ini Rina Yuliawati kelas 1a pendidikan ekonomi. makasih pa atas blognya, sangat membantu :)

26 Oktober 2011 pukul 21.10

Assalamu'alaikum,,,,
Pak, saya Imam Persada Utama kelas 1 A FKIP Ekonomi.
Terima kasih atas postingannya, saya sudah mengkopinya dan saya harap teori tentang kepemimpinan yang bapak buat dapat menjadi motivasi saya pada khususnya dan bagi semua orang pada umumnya.

26 Oktober 2011 pukul 21.11

mikum pak....
ni yuli setianingsih 1a fkip ekonomi...
mksh pak tas info na tntng kepemimpinan n manajemen na,,,
sangat bermanfaat

26 Oktober 2011 pukul 22.13

nia anzami kelas 1 A (FKIP EKONOMI)
Assalamualaikum...
terimakasih pak atas teorinya. saya jadi tahu tentang teori kepemimpinan.

27 Oktober 2011 pukul 08.56

assalamualaikum pak saya Hardian Nugraha mahasiswa unswagati kelas 1A prodi pendidikan ekonomi, terimakasih sebelumnya atas postingan bapak yang bermanfaat ini. pak saya ingin sedikit bertanya maksud dari postingan bapak "seorang pemimpin setidaknya harus memiliki tiga kompetensi dasar, yakni: (1) mendiagnosis, (2) mengadaptasi, dan (3)
mengkomunikasikan" maksud dari pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mendiagnosis dan mengadaptasi itu seperti apa ya pak ? terimakasih sebelumnya kurang lebihnya saya mohon maaf :) berkarya terus ya pak

maaf pak saya pakai blog saya Bahasa Cirebon,maaf ya pak. :)

27 Oktober 2011 pukul 18.54

assalamualaikum.
bapak ini Novi Nuryana kelas 1A pendidikan ekonomi, terimakasih pa atas blognya. sangat membantu .

27 Oktober 2011 pukul 20.03

asslamualaikum..
pak saya rocky sugara dari kelas 1a prodi ekonomi.
woww, pak keren banget postinganya,saya sangat terinspirasi dari postingan yang bapak buat..
"you are my inspiration, thanks for all"

27 Oktober 2011 pukul 20.39

saya yuliya komalasari dari kelas 1A FKIP EKONOMI telah memenuhi tugas dari bapak. terimakasih atas ilmu yang bapak sampaikan kepada kami.

28 Oktober 2011 pukul 08.54

saya YUNI SRI WAHYUNI dari kelas 1a FKIP ekonomi, terimakasih atas teorinya sangat bermanfaat bagi saya.terimakasih

28 November 2012 pukul 13.40

Nama : Imas Masriah
NRP : 13110136
Jurusan : Manajemen informatika/ semester 5 (STIKOM POLTEK Cirebon)

Blog mengenai definisi kepemimpinan sangat baik untuk dibaca dan dipelajari
sebagai acuan ilmu leadership khususnya dalam lingkup sebuah organisasi.
Seorang pemimpin harus mempunyai skill untuk dapat mempengaruhi
pengikut/ kelompoknya, tipe-tipe (gaya) pemimpin terdapat berbagai macam
salah satunya ialah gaya pemimpin demokratis dan gaya pemimpin otoriter,
dari berbagai jenis tipe pemimipin, yang menurut saya baik ialah tipe pemimpin demokratis karena
Gaya kepemimpinan demokratis menggambarkan seorang atasan cenderung melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan (adanya
perumusan masalah sesama anggota). :)

28 November 2012 pukul 14.31

Nama : Suryani Patimah
NRP : 13110123
Jurusan : MI (5)

Assalamualaikum..
saya Suryani mahasiswa stikom,terimakasih untuk postingannya,yang sangat bermanfaat dari definisi-definisi dan peranan seorang pemimpin yang telah dikemukakan,dalam melaksanakan tugasnya dilingkungan organisasi dan sangat menambah pengetahuan tentang kepemimpinan.
dapat diambil kesimpulan yakni, Pemimpin adalah seseorang yang mempengaruhi pemikiran, perilaku dan perasaaan orang lain secara signifikan dan seorang pemimpin melakukan usaha untuk meningkatkan organisasi dan mengadaptasinya untuk mengubah kondisi dalam organisasi.
terimakasih

29 November 2012 pukul 14.01

Nama : Dudi Hertadi
NRP : 13110951
Jurusan : Manajemen Informatika /5 (Stikom Poltek Cirebon)

Karya tulis yang bapak buat sangat bermanfaat, khususnya sebagai pembelajaran tentang ilmu kepemimpinan. Baik dalam lingkup Organisasi , kelembagaan, dan Pemerintahan

Yang harus di garis bawahi dalam definisi kepemimpinan ialah lebih merujuk pada keberpengaruhan seorang individu yang di akui sebagai Pemimpin. Namun sekarang, keberpengaruhan itu lebih di nilai dari kekuasaannya, hartanya, kharismanya atau kekuasaan fisiknya. Nyaris seperti para pemimpin-pemimpin sekarang. Apa lagi jika di telaah dengan situasi Negara sekarang, yang sedang mengalami krisis Kepemimpinan.

Dengan kata lain , Negara kita bukan membutuhkan pemimpin yang hanya memikirkan pencitraannya saja. Namun, membutuhkan seorang Pemimpin yang berkarakter negarawanan, terbuka, visioner dalam pemimpin bangsa ke depan,mengesampingkan kepentingan pribadi dan kelompok, serta punya keinginan untuk memajukan dan menyejahterakan kehidupan bangsa.

29 November 2012 pukul 14.08

Nama : Dudi Hertadi
NRP : 13110951
Jurusan : Manajemen Informatika /semester 5 (Stikom Poltek Cirebon)

Karya tulis yang bapak buat sangat bermanfaat, khususnya sebagai pembelajaran tentang ilmu kepemimpinan. Baik dalam lingkup Organisasi , kelembagaan, dan Pemerintahan

Yang harus di garis bawahi dalam definisi kepemimpinan ialah lebih merujuk pada keberpengaruhan seorang individu yang di akui sebagai Pemimpin. Namun sekarang, keberpengaruhan itu lebih di nilai dari kekuasaannya, hartanya, kharismanya atau kekuasaan fisiknya. Nyaris seperti para pemimpin-pemimpin sekarang. Apa lagi jika di telaah dengan situasi Negara sekarang, yang sedang mengalami krisis Kepemimpinan.

Dengan kata lain , Negara kita bukan membutuhkan pemimpin yang hanya memikirkan pencitraannya saja. Namun, membutuhkan seorang Pemimpin yang berkarakter negarawanan, terbuka, visioner dalam pemimpin bangsa ke depan,mengesampingkan kepentingan pribadi dan kelompok, serta punya keinginan untuk memajukan dan menyejahterakan kehidupan bangsa.

29 November 2012 pukul 15.34

Nama : Rina Febriyanti
NRP : 13710162
Jurusan : Komputer Akuntansi (5) STIKOM POLTEK CIREBON
Blog sangat bermanfaat dimana kita belajar menjadi seorang pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Seorang pemimpin harus mempunyai skill untuk bisa memimpin suatu organisasi atau pun perusahaan yang dalam mengambil keputusannya melibatkan bawahan sehingga tercipta suasana kerja yang harmonis dan terkesan tidak otoriter.

29 November 2012 pukul 19.07

Melissa Bonado
13710348
Komputer Akuntansi 5 (KA5)

Artikel ini yang berisi tentang apa saja yang harus dimiliki seorang pemimpin, fungsi dan peranan seorang pemimpin, dan jenis-jenis kepemimpinan sangat bermanfaat untuk dipelajari bagi siapapun, terutama bagi yang ingin menjadi seorang pemimpin dalam suatu organisasi dan sebagainya. Sedikit yang saya tahu hal-hal untuk menjadi seorang pemimpin sebelum saya membaca artikel ini adalah pemimpin harus bisa bertanggung jawab akan anggotanya dan mempunyai kemampuan dan pengalaman yang lebih tinggi dibanding yang lainnya, tetapi ternyata seorang pemimpin juga harus bisa memberikan motivasi kepada bawahan serta dapat mempengaruhi anggota-anggotanya dalam mencapai suatu tujuan. Sedikit lagi sebenarnya yang saya ingin tau apakah setiap orang bisa menjadi pemimpin, jika ya bagaimana cara atau kiat-kiat untuk menjadi pemimpin. Terimakasih telah berbagi pengetahuannya pak :)

18 April 2013 pukul 21.57

assalamualaikaum,

nama: Agung Sedayu
kelas: 1c
npm: 112080057
FKIP pend.Ekonomi unswagati

materi di atas menerangkan tentang kepemimpinan yang harus dimiliki seseorang,harus memiliki tanggungjawab, kewibawaan,kebijaksanaan, dan sebagai nya, materi diatas sangat menarik untuk dibaca, sebab saya calon guru, materi tersebut menjadi suatu ilmu pengetahuan untuk saya, agar bertanggungjawab menjadi guru yang profesional, serta materi tersebut sangat bermanfaat bagi saya, terimakasih atas infofmasi nya pa, . .

19 April 2013 pukul 11.13


Nama : Muhamad Gofar Maulana
Kelas : 1.C
N P M : 112080054
FKIP Ekonomi Unswagati

Assalamu'alaikum wr. wb

Artikel yang Bapak buat sangat bermanfaat khususnya bagi para pelajar,
karena dengan mempelajari artikel kepemimpinan, para pelajar bisa mengetahui dan bisa menerapkan mengenai ruang lingkup kepemimpinan seperti bertanggung jawab, mempunyai kewibawaan, bijaksana dalam menentukan sesuatu dan sebagainya.
dari ruang lingkup di atas saya juga sebagai calon guru bisa belajar dan menerapkan mengenai tanggung jawab, kewibawaan di, dan bijaksana kepada peserta didik kelak.
saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak yang sudah membagi pengetahuannya tentang artikel "KEPEMIMPINAN"
wassalamu'alaikum Wr. Wb.

19 April 2013 pukul 12.50

Assalamu'alaikum

Nama : Ma'Arif Ramadhan Sidiq
Npm : 112080094
Kelas : 1.d
FKIP Pend.Ekonomi

Menurut saya materi yang bapa sampaikan bagus dan bermanfaat.
Menurut pendapat saya kepemimpinan adalah suatu dimana orang dapat memimpin,mengatur,bertanggungjawab,bijaksana,dan menjadi tauladan yang baik dalam organisasinya.
Terima kasih atas materi yang bapa sampaikan,kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kata-kata dan penulisan kata yang kurang berkenan di hati bapa.
Wasalamu'alaikum

19 April 2013 pukul 19.15

nama :Imas amaliyah
kelas; 1 C
FKIP Ekonomi

terimakasih materinya pa, materi ini sangat bermanfaat bagi pelajar khusunya untuk diri saya sendiri, materi ini sangat menarik karena membahas tentang kepemimpinan, walaupun kita kita hisup didunia ini dituntut untuk menjadi pemimpin, baik itu pemimpin diri sendiri dan untuk memimpin orang lain dalam hal ini masyarakat. disini dijelaskan bahwa seorang pemimpin mempunyai kriteria seperti pemimpin harus bisa bertanggung jawab, mempunyai kewibawaan,dan kebijaksanaan dlam menentukan sesuatu dan menyelesaikan masalah. dan kita sebagai calon-calon pendidik harus bisa memimpin anak didiknya dan bisa membawa mereka kekehidupan yang lebih baik sehingga materi ini sangat diperlukan.

19 April 2013 pukul 19.50

nama : ekayanti nur anix
kelas : 1C
NPM : 112080055
fakultas : FKIP Unswagati
jurusan : pendidikan ekonomi

assalamulaikum wr wb
Dari penjelasan yang telah saya baca, saya mengambil simpulan bahwa seseorang yang ingin menjadi pemimpin, seseungguhnya harus mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan kepemimpinan itu. Pemimpin adalah agen perubahan, seseorang yang tindakannya berpengaruh pada orang lain lebih dari pengaruh tindakan orang lain pada dirinya (penjelasan yang tertulis). kepemimpinan mencerminkan bagaimana seseorang memposisikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang mempunyai jiwa, perilaku, dan sikap kepemimpinan, bagaimana mempengaruhi orang, memberi motivasi/dorongan sampai dengan tercapainya suatu tujuan. tidak lepas dari itu, seorang pemimpin harus mempunyai beberapa kompetensi dasar yaitu mendiagnosis, mengadaptasi, dan mengkomunikasikan.
saya sampaikan terima kasih atas paparan materi yang sangat bermanfaat dari bapak.
wassalamualaikum wr wb

21 April 2013 pukul 14.06

Kistiyanti/1D/FKIP Ekonomi

menurut saya setelah membaca materi kepemimpinan, Kepemimpinan serta kekuasaan memiliki keterikatan yang tak dapat dipisahkan. Karena untuk menjadi pemimpin bukan hanya berdasarkan suka satu sama lainnya, tetapi banyak faktor. Pemimpin yang berhasil hendaknya memiliki beberapa kriteria yang tergantung pada sudut pandang atau pendekatan yang digunakan, apakah itu kepribadiannya, keterampilan, bakat, sifat-sifatnya, atau kewenangannya yang dimiliki yang mana nantinya sangat berpengaruh terhadap teori maupun gaya kepemimpinan yang akan diterapkan.
setelah materi ini bermanfaat untuk kita semua. terimakasih

22 April 2013 pukul 11.59

Nama : ricci illahi
Npm : 112080052
Kelas: 1c
Fkip ekonomi
Asalamualaikum..wr,wb
Terimakasih bapak materiny sangat bermanfaat sekali. Dan saya juga lebih memahami tentang kepemimpinan, kepemimpinan menurut saya mengatur,memotivasi,mengarahkan supaya anggotanya sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

22 April 2013 pukul 12.40

Nama:adam kurniawan
Npm:112080075
Kelas: 1.C
FKIP ekonomi
Assalamualaikum wr.wb.
Dalam materi kepemimpinan tersebut sangat baik untuk peserta didik maupun pendidik karena seorang pelajar adalah generasi muda yang akan menjadi seorang pemimpin, maka dari itu materi tersebut sangat baik untuk saya mengerti arti kepemimpinan,definisi kepemimpinan, peran kepemimpinan,dan gaya kepemimpinan.Terima kasih atas materinya pak....
Wasalam wr.wb

22 April 2013 pukul 17.22

Nama : Aah Kurniasari
kelas : 1D
FKIP Ekonomi

Terima kasih atas materi yang telah disampaikan. Semoga materi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

22 April 2013 pukul 17.41

Nama saya:muhammad ikhsan
kelas saya: 1 D
Npm Saya : 112080098
FKIP EKONOMI

artikel tersebut sangat bagus untuk kita memahami suatu kepemimpinan. nah ketika sudah memahami kita tinggal mempraktekanya saja. . .apakah bisa?
menurut saya mungkin tidak semua orang dapat menjadi seorang pemimpin karena memang tanggung jawabnya yang besar
tapi disini kita harus terus belajar

terimakasih. .

22 April 2013 pukul 19.10

nama : dian nurika apipah
kelas : 1c
npm : 112080058
assalamualaikum wr.wb.
terimakasih pak atas teori kepemimpinan nya, materi ini sangat bagus dan bermanfaat, kita bisa belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik,
wassalamualaikum wr.wb

Anonim
22 April 2013 pukul 19.49

nama: Siti Rohimah Fitriah
Tingkat :1 c
npm: 112080059
FKIP EKONOMI UNSWAGATI

assalamualaiakum wr. wb.,
materi yang bapak posting sangat bermanfaat bagi kita yang membacanya, kita dapat mengetahui tentang pengertian dari kepemimpinan, tiga kompetensi dasar kepemimpinan,perilaku seorang pemimpin,dan fungsi dari seorang pemimpin. materi ini merupakan bekal bagi kita untuk masa depan kelak ketika menjadi seorang pemimpin. terimakasih pak,

22 April 2013 pukul 20.09

nama : dian nurika apipah
kelas : 1c
npm : 112080058
FKIP EKONOMI UNSWAGATI
assalamualaikum wr.wb.
terimakasih pak atas teori kepemimpinan nya, materi ini sangat bagus dan bermanfaat, kita bisa belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik,
wassalamualaikum wr.w

22 April 2013 pukul 20.44

nama : Nashibah
npm : 112080072
kelas: 1 C
FKIP Ekonomi Unswagati

Assalamu'alaikum
ya, saya sependapat dengan kalimat "Pemimpin adalah agen perubahan, seseorang yang tindakannya berpengaruh pada orang lain lebih dari pengaruh tindakan orang lain pada dirinya."
memimpin seseorang ataupun sekelompok orang, menurut saya, lebih sulit dibandingkan dipimpin, kenapa?, karena harus atau memang tugas seorang pemimpin yaitu menyatukan perbedaan untuk mewujudkan satu tujuan dengan tindakan dan kompeten yang dimilikinya agar bisa berinteraksi dengan lainnya, agar terjadi proses pencapaian tujuan yang baik.
dan isi materi kepemimpinan, diposting oleh pak nurudin,perlu dipahami oleh saya dan juga lainnya, karena menurut saya ini mudah dipahami karena masih dalam penjelasan yang luas.
terima kasih, sekian, dan
Wassalamu'alaikum
keep hamasah

22 April 2013 pukul 20.53

nama : Nusaibah
npm : 112080071
kelas: 1 C
FKIP Ekonomi Unswagati

Assalamu'alaikum
saya setuju dengan pernyataan ini "Pemimpin yang berorientasi pada karyawan mendorong bawahan dalam menentukan tujuan serta membantu menjamin prestasi yang tinggi dengan membangkitkan kepercayaan dan hormat. (Stoner dan Wankel,1986:48)"
di zaman sekarang memang memerlukan pemimpin yang seperti ini ditambah dengan sikap tegas yang tidak kaku tapi berwibawa, itu sangat akan efektif dalam menciptakan proses organisasi yang menyenangkan. daripada pemimpin zaman dulu yang terlalu tegas.
begitulah komentar saya
Wassalamu'alaikum

22 April 2013 pukul 22.21

Nama: Diana sfitri
Kelas :1.c
npm: 112080056
fkip ekonomi unswagati
terima kasih pak, artikel kepemimpinan ini sangat bermanfaat buat diri saya sendiri agar bisa jadi seorang pemipin untuk diri saya sendiri, dan sebagai calon guru sebagai bekal untuk memipin anak didik kita agar sukses di masa depan agar lebih baik lagi.
wassalamualaikum wr.wb

23 April 2013 pukul 13.04

Nama: lilis dahliah
Kelas :1.d
npm: 112080089
fkip ekonomi unswagati
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih atas artikel yang bapak posting semoga dapat bermanfaat khususnya buat saya sendiri dan orang lain

23 April 2013 pukul 13.20

Nama: kurnati
Kelas :1.d
npm: 112080080
fkip ekonomi unswagati
terima kasih pak.artikel yang bapak posting sangat bermanfaat sekali khususnya buat saya sendiri,semoga kelak bisa jadi pemimpin yang baik dan profesional..
amin

23 April 2013 pukul 13.22

NAMA : AAH KURNIASARI
KLS : 1 D
NPM : 112O80084
FKIP EKONOMI UNSWAGATI

ASS. WR WB
Terimakasih pak artikel ini sangat bemanfaat untuk diri saya sendiri dan juga teman-teman lainnya . materi ini juga sangat bagus untuk menjadikan pemimpin yang sesungguhnya .
begitulah komentar saya .
terimakasih . wassalamualaikum wR WB .,.,..,

23 April 2013 pukul 15.06

Nama : Wulandari sentana putri
Kelas : 1C
NPM : 112080053
FKIP EKONOMI UNSWAGATI

Assalamu'alaikum wr.wb
Menurut saya,
Materi kepemimpinan yang bapak tulis sangat bermanfaat Dan sangat berguna bagi saya khususnya bagi mahasiswa. Kami mahasiswa/mahasiswi kelak akan menjadi seorang pemimpin dalam ranah pendidikan. Seorang pemimpin harus mempunyai sikap yang tangguh, bekerja keras untuk mendapatkan hal yang kita inginkan, bertanggung jawab, jujur, adil, bisa menerima kritikkan atau masukan dari teman, dosen bahkan masyarakat sekitar.

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb

25 April 2013 pukul 09.29

Nama : Alvina Widya Ningsih
Kelas : 1D
NPM : 112080087

Asalamualaikum Wr. Wb
Menurut saya materi yang bapak posting itu sangat bagus, semoga materi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

6 September 2013 pukul 22.46

sartija
13111630
MI


moga dengan ada nya blog bapak ini orang menyadari akan penting nya sebuah kepemimpinan dan bisa di implementasikan pada masyarakat.

19 April 2014 pukul 11.47

Assalamualaikum Wr. Wb.
saya Eka Septiana (111090053) dari kelas AN 3B FISIP Unswagati.
saya telah membaca dan mengcopy tentang pengertian kepemimpinan diatas.
berkenaan dengan artikel tersebut, saya mau bertanya pak.
Bagaimana menyikapi suatu kelompok yang minim seorang pemimpin, dimana para anggota kelompok menunjuk dan mempercayai seseorang menjadi pepemimpin mereka, namum seseorang yang dipercayainya tidak bersedia dan tidak mempunyai kemauan menjadi pemimpin kelompok tersebut. bagaimana pandangan bapak dari sudut pandang keduanya, bagaimana sikap seharusnya dari anggota kelompok tersebut maupun dari seseorang yang ditunjuk menjadi pemimpin tersebut?
terima kasih pak,
Wassalam.

5 April 2017 pukul 13.03

Assalamualaikum Wr. Wb
Saya Aam Tamiri (114090181)
Tingkat 3 kelas AN.B FISIP UNSWAGATI.

Terimakasih untuk ilmu yang bapak bagikan disini, dari penjelasan yang telah saya baca, saya mengambil kesimpulan bahwa seseorang yang ingin menjadi pemimpin, sesungguhnya harus mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan kepemimpinan itu sendiri. Pemimpin adalah sebuah perubahan seseorang yang tindakannya berpengaruh pada orang lain lebih dari pengaruh tindakan orang lain pada dirinya (menurut penjelasan yang tertulis diatas). kepemimpinan mencerminkan bagaimana seseorang memposisikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang mempunyai jiwa, perilaku, dan sikap kepemimpinan, bagaimana mempengaruhi orang, memberi motivasi sampai dengan tercapainya suatu tujuan. tidak lepas dari itu, seorang pemimpin harus mempunyai beberapa kompetensi dasar yaitu mendiagnosis, mengadaptasi, dan mengkomunikasikan.
Terimakasih atas paparan materi dan ilmu yang sangat bermanfaat dari Pak Nurudin.

Wassalamualaikum Wr. Wb

5 April 2017 pukul 14.30

Assalamualaikum
Saya Nur Rachni Okfriani (114090051)
Tingkat 3 kelas AN B

Terimakasih untuk ilmu yang bapak sudah tulis di blog ini. Sedikit mengulas tentang kepemimpinan, bagaimana kita menyikapi suatu kelompok yang minim pemimpi, dimana para anggota kelompok menunjuk dan mempercayai seorang tersebut menjadi pemimpin mereka, namun seorang yg mereka tunjuk sebagai pemimpin malah ingkar dari amanah yang sudah di berikan anggota kelompok tersebut.
Seorang pemimpin harus nya bisa lebih amanah menjalankan tugasnya.
Semoga tulisan bapak dapat bermanfaat untuk kita semua.
Terimaksih..a
Wassalamualaikum wr wb

5 April 2017 pukul 14.53

Assalamualaikum wr.wb .
ROKANA (114090052) 3.AN.B FISIP UNSWAGATI 2016/2017.

dengan postingan yang bapak posting dapat diambil kesimpulan bahwa kepempinan yang baik sangat dibutuhkan dinegara indonesia adapun ciri-ciri kepempinan yang baik dan efektif seperti berikut :

pemimpin efektif yang di harapkan.
1. Jujur. Kejujuran meningkatkan derajat kredibilitas pemimpin, sehingga membangkitkan kepercayaan dan keyakinan banyak orang kepada mereka. Bawahan ikut mendorong kebanggaan yang lebih besar pada pemimpin yang jujur dan kredibel dalam organmisasi. Mereka menghendaki pemimpin yang lebih kuat semangatnya dalam kerja sama tim, serta lebih menonjolkan perasaan kepemilikan dan tanggung jawab pribadi.
2. Melakukan apa yang mereka katakan akan dilakukan.
3. Menepati janji dan komitmen mereka
4. Memastikan tindakan tindakan mereka konsisten dengan keinginan komunitas yang di pimpinnya
5. Memiliki gagasan yang jelas mengenai apa yang orang lain nilai dan apa yang bisa mereka lakukan.
6. Percaya pada nilai yang melekat pada diri orang lain.
7. Mengakui kesalahan. Mereka menyadari bahwa mencoba untuk menyembunyikan kesalahan adalah merusakan mengikis kredibilitas.
8. Menciptakan iklim saling percaya dan terbuka.
9. Membantu orang lain untuk menjadi sukses dan merasa diberdayakan.
10. Mendorong anggota untuk berbuat lebih banyak, tapi tau kapan dorongan itu menjelma sebagai desakan terlalu banyak.
11. menyingsing lengan baju mereka. Pemimpin menunjukan anggota mereka tidak hanya sebagai boneka atau pengambil keputusan. Anggota lebih menghormati pimpinan ketika mereka menunjukan keinginan untuk bekerja bersama mereka.
12. Menghindari ungkapan yang menimbulkan kebencian, keengganan dan resistensi. Misalnya alih alih seseorang harus mengatakan melakukan sesuatu, meminta pemimpin yang efektif atau merekomendasikan bahwa anggota melakukan sesuatu.

postingan bapak sangat bermanfaat untuk semua .

5 April 2017 pukul 14.55

Assalamualaikum.Wr.Wb
Ini saya Diah Adria (114090035)
Tingkat 3 AN B
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Pemimpin pada hakikatnya adalah seorang yang mempunyai kemampuan untuk memepengaruhi perilaku orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. Dalam kegiatannya bahwa pemimpin memiliki kekuasaan untuk mengerahkan dan mempengaruhi bawahannya sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakan.
2. Tugas pemimpin dalam kepemimpinannya meliputi : menyelami kebutuhan-kebutuhan kelompok, dari keinginan itu dapat dipetiknya kehendak-kehendak yang realistis dan yang benar-benar dapat dicapai, meyakinkan kelompoknya mengenai apa-apa yang menjadi kehendak mereka, mana yang realistis dan mana yang sebenarnya merupakan khayalan. Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang memahami akan tugas dan kewajibannya, serta dapat menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan bawahan, sehingga terciptanya suasana kerja yang membuat bawahan merasa aman, tentram, dan memiliki suatu kebebsan dalam mengembangkan gagasannya dalam rangka tercapai tujuan bersama yang telah ditetapkan.
Terima kasih atas materi yang dberikan nyaa pak. Dengan mempelajari ini maka saya dapat mengetahui mengenai kepemimpinan. Semoga ilmu nya dapat bermanfaat bagi semuanya.

Wassalamualaikum. Wr.wb

5 April 2017 pukul 15.00

Assalammu'alaikum..
Nama : Devi riyadi
Npm : 114090059
kelas : 3AN.B FISIP UNSWAGATI.

Terimakasih untuk ilmu yang bapak berikan disini..
dari penjelasan yang telah saya baca,saya mengambil kesimpulan bahwa jika Indonesia memiliki pemimpin yang sangat tangguh tentu akan menjadi luar biasa. karena jatuh bangun kita tergantung pada pemimpin.pemimpin mempimpin.pengikut mengikuti.jika pemimpin sudah tidak bisa memimpin dengan baik,maka cirinya pengikut tidak mau lagi mengikuti. oleh karena itu kualitas tergantung kualitas pemimpin kita. makin kuat memimpin maka makin kuat pula yang dipimpin..

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

5 April 2017 pukul 15.02

Assalamualaikum.Wr.Wb
Saya Ita Permatasari ( 114090180 )
Tingkat 3 kelas AN B

Menjadi seorang pemimpin dalam suatu organisasi dapat mengambil keputusan yang tepat dan menerapkan gaya kepemimpinan sesuai dengan situasi dengan berbagai pertimbangan yang telah diperhitungkan secara matang. Dengan mempelajari ini, kita dapat lebih mengetahui apa saja mengenai tentang teori kepemimpinan, bagaimana konsep kepemimpinan dan bagaimana penerapannya

Wassalamualaikum. Wr.wb

5 April 2017 pukul 15.12

Assalamualikum.wr.wb
Saya Widyanto ( 114090037 )
Terima kasih untuk ilmu yang bapak tulis di blog ini, sangat bermanfaat untuk kita semua yang telah membaca.
Jadi saya mengerti tentang kepemimpinan itu seperti apa
Terimakasih
Wassalamualaikum.wr.wb

5 April 2017 pukul 15.12

Assalamualikum.wr.wb
Saya Widyanto ( 114090037 )
Terima kasih untuk ilmu yang bapak tulis di blog ini, sangat bermanfaat untuk kita semua yang telah membaca.
Jadi saya mengerti tentang kepemimpinan itu seperti apa
Terimakasih
Wassalamualaikum.wr.wb

5 April 2017 pukul 15.14

SURYANINGSIH ISWARDI
AN 3 B
114090034
FISIP
UNSWAGATI

Assalamualaikum wr.wb

Pak, terimakasih atas pengetahuan yang di bapak share di blog ini. Karna ilmunya sangat bermanfaat.
Dari penjelasan di atas mengenai kepemimpinan saya bisa mengambil kesimpulan, Pemimpin yang berorientasi pada karyawan mendorong bawahan dalam menentukan tujuan serta membantu menjamin prestasi yang tinggi dengan membangkitkan kepercayaan bagi karyawan tersebut:)

5 April 2017 pukul 16.10

Nama : Anggun Pratiwi
Kelas : 3 AN B
Npm : 114090032
FISIP UNSWAGATI
Assalamualaikum wr.wb.
Terimakasih pak atas teori kepemimpinan nya, materi ini sangat bagus dan bermanfaat, kita bisa belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik,Sangat diperlukan sekali jiwa kepemimpinan pada setiap pribadi manusia. Jiwa kepemimpinan harus dikembangkan paling tidak untuk memimpin diri sendiri.

Jika saja Indonesia memiliki pemimpin yang sangat tangguh tentu akan menjadi luar biasa. Karena jatuh bangun kita tergantung pada pemimpin. Pemimpin memimpin, pengikut mengikuti. Jika pemimpin sudah tidak bisa memimpin dengan baik, cirinya adalah pengikut tidak mau lagi mengikuti. Oleh karena itu kualitas kita tergantung kualitas pemimpin kita.
Wassalamualaikum wr.wb

5 April 2017 pukul 21.12

Nama: Lela Nurlaelasari
Kelas: 3 AN B
NPM: 114090049
FISIP UNSWAGATI

Assalamu'alaikum wr.wb
Terimakasih bapak teori yang ditulis bapak tentang kepemimpinan sangat bermanfaat sekali untuk saya. dan membantu saya agar lebih mengerti tentang apa itu kepemimpinan.
menurut saya, kesimpulan dari materi diatas yaitu bahwa sebuah organisasi tidak lepas dari yang namanya kepemimpinan. Dan dalam rangka menjalankan tugas kewajibannya sebagai seorang pemimpin, pemimpin harus dapat menjaga kewibawaannya. Lebih-lebih dalam kemerdekaan dan pembangunan. Berhasilnya pembangunan nasional tergantung peran aktif rakyat Indonesia, dengan sikap mental, tekad semangat, ketaatan dan disiplin nasional dalam menjalankan tugas kewajibannya. Dengan demikian perlu dikembangkan motivasi membangun dikalangan masyarakat luas dan motivasi pengorbanan pengabdian pada unsur kepemimpinannya.

Wassalamu'alaikum wr.wb

10 April 2017 pukul 12.15

Saya: rizky komarudin
Kelas: 3anf
Npm: 114090152

Makasih atas materinya bapa.

10 April 2017 pukul 12.18

Nama:weldy renaldi H
Kelas : 3 AN F
Npm : 114090159

Makasih bapak nurudin atas materinya

2 Oktober 2018 pukul 20.26

Assalamualaikum.
Dengan membaca blog tentang kepemimpinan ini, terutama tentang gaya kepemimpinannya saya baru tahu bahwa gaya kepemimpinan yang akan meningkatkan kuantitas maupun kualitas kerja adalah gaya kepemimpinan demokratis. Terimakasih pak atas ilmu yang telah bapak berikan ini.
Saya Anita Sari Dewi
Kelas AN 3 B

2 Oktober 2018 pukul 20.35

Materi ini sangat berguna karna setiap manusia harus memiliki jiwa kepemimpinan, karna dijelaskan juga kepemimpinan yaitu interaksi antara anggota suatu kelompok untuk mencapai tujuan yang sama. Terimakasih pak atas ilmu yang telah bapak berikan ini

Nama : Ganya Dwi Putri Aryani
Kelas : 3 AN B

2 Oktober 2018 pukul 20.43

Nama : Dika Hermawan
Kelas : AN 3B
NPM : 116090065

Terima kasih atas materi yg di berikan bapak sangat membatu bagi diri pribadi saya, karena saya bisa mengetahui bahwa gaya kepemimpinan yang baik dan tidak kaku itu seperti gaya kepemimpinan "Pemimpin yang berorientasi pada karyawan mendorong bawahan dalam menentukan tujuan serta membantu menjamin prestasi yang tinggi dengan membangkitkan kepercayaan dan hormat. (Stoner dan Wankel,1986:48)"

2 Oktober 2018 pukul 20.54

Assalamualaikum wr.wb

Terimakasih dengan membaca karya tulis bapa bisa saya jadikan bahan untuk kuliah sampai nanti di dunia kerja . Setelah baca saya lebih memahami bagaimana kepemimpinan dan pemimpin dalam organisasi , semoga kami bisa memanfaatkan karya tulis bapa ini dengan sebaik-baiknya . Dan kami bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan berorganisasi .

Nama : Adelia Sefira Putri Ayudya 
NPM : 116090127
Kelas : 3 Adm . Negara B (semester 5 )

2 Oktober 2018 pukul 21.25

Assalamualaikum wr.wb
Terimakasih atas materi blog yang telah bapa sampaikan sehingga dapat bermanfaat untuk saya,terutama dalam memahami tentang kepemimpinan. karena memang benar seorang pemimpin haruslah orang yang berpengaruh dan memiliki pengetahuan yang cukup agar mampu mengarahkan anggotannya. Sehingga dapat melaksanakan pencapaian suatu organisasi yang di harapkan.
Wassalamualaikum wr.wb
Nama : Dhea amalia putri
NPM : 116090025
Kelas : 3 AN (semester 5)

3 Oktober 2018 pukul 07.52

Assalamualaikum wr. Wb.
Terimakasih kepada bapak yang telah memberikan ilmunya, melalui postingan blog ini, sangat bermanfaat sekali bagi saya dan kami para mahasiswa yang membutuhkan banyak wawasan pengetahuan. Wasalamualaikum Wr.Wb

Nama : Nabilla Faradhiba
Kelas : AN 3 B

8 Oktober 2018 pukul 03.32

Assalamualaikum wr.wb
Terimakasih pa untuk postingan mengenai materi kepemimpinan ini, sangat bermanfaat bagi saya maupun teman2.

Nama : Karinia Fitri Annisa
Npm : 116090035
Kelas: AN 3 B (semester 5)

Posting Komentar
- See more at: Fytoko Corporation

STATISTIK

Pengunjung

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.UySpcPMO.dpuf